YANG HARUS KAMU KETAHUI TENTANG TEKNIK ELEKTRO

Listrik adalah salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masa kini. Listrik sudah banyak masuk ke hampir semua bidang kehidupan seperti rumah tangga, industri, perdagangan, dan lain-lain. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kita belajar mengenai listrik dimulai dari cara terbentuknya, komponen-komponen, pemrograman listrik, sampai pengaplikasiannya.

Contoh kegiatan insinyur teknik elektro. Sumber: canva.com

Di dunia teknik, jurusan yang dikenal membahas kelistrikan adalah teknik elektro. Teknik elektro adalah ilmu teknik yang mempelajari tentang kelistrikan seperti komponen-komponen elektronis, analisis energi listrik, pemrograman komponen elektronis, dan pengaplikasian listrik di lapangan kerja.

Bidang teknik elektro telah berkembang dan bercabang menjadi sejumlah kategori khusus, termasuk pembangkit tenaga dan sistem transmisi, motor, baterai, dan sistem kontrol. Teknik elektro juga mencakup elektronik yang bercabang menjadi lebih banyak subkategori seperti sistem frekuensi radio (RF), telekomunikasi, penginderaan jauh, pemrosesan sinyal, sirkuit digital, instrumentasi, audio, video, dan optoelektronik.

Insinyur elektro merancang, mengembangkan, menguji, dan mengawasi pembuatan peralatan listrik, seperti motor listrik, sistem radar dan navigasi, sistem komunikasi dan peralatan pembangkit listrik. Selain itu insinyur elektro juga merancang dan mengembangkan peralatan elektronik, seperti sistem siaran dan komunikasi dari pemutar musik portabel hingga sistem penentuan posisi global (GPS).

Keterampilan/skills yang dibutuhkan insinyur teknik elektro mencakup pemahaman mendalam tentang teori listrik dan elektronik, matematika dan material. Pengetahuan ini membantu insinyur elektro merancang sirkuit listrik tertentu sehingga memenuhi persyaratan keselamatan, keandalan, dan efisiensi energi, dan memprediksi perilaku sirkuit, sebelum desain perangkat keras diimplementasikan.

Insinyur elektro kini mengandalkan sistem desain berbasis komputer (CAD) untuk membuat skema dan tata letak sirkuit. Mereka juga menggunakan komputer untuk mensimulasikan bagaimana perangkat dan sistem listrik akan berfungsi. Simulasi komputer dapat digunakan untuk membuat model jaringan listrik nasional atau mikroprosesor. Oleh karena itu, penguasaan komputer sangat penting bagi para insinyur elektro. Selain mempercepat proses penyusunan skema, tata letak papan sirkuit cetak (PCB), dan blueprint untuk perangkat listrik dan elektronik, sistem CAD dapat membantu modifikasi desain yang cepat dan mudah serta pembuatan prototype cepat menggunakan mesin CNC.

>>KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL TEKNIK UMUM LAINNYA!

Kontributor: Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

aeroengineering services merupakan layanan dibawah CV. Markom dengan solusi terutama CFD/FEA.

Sumber:

https://www.canva.com/design/DAEc1q-_lXo/share/preview?token=KfrNa-hJ-OOK3TcvWEX0Pw&role=EDITOR&utm_content=DAEc1q-_lXo&utm_campaign=designshare&utm_medium=link&utm_source=sharebutton (diakses pada tanggal 27 April 2021)

https://www.livescience.com/47571-electrical-engineering.html (diakses pada tanggal 27 April 2021)

https://rencanamu.id/cari-jurusan/teknik/teknik-elektro#:~:text=Mahasiswa%20Teknik%20Elektro%20mempelajari%20aplikasi,pada%20pemanfaatannya%20oleh%20pengguna%20akhir. (diakses pada tanggal 27 April 2021)

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/yang-belum-kamu-tahu-tentang-teknik-elektro (diakses pada tanggal 27 April 2021)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments