fluidized bed dryer

Bahan granular yang mengalir bebas dan membutuhkan pengeringan yang hemat waktu sangat cocok menggunakan pengering fluidized bed. Pengering ini berisi massa partikel yang terangkat ke atas dan kontak permanen satu sama lain oleh fluida panas yang mengalir. Berbagai fenomena pada bed meningkatkan tingkat perpindahan panas dan massa yang tinggi dan keseragaman suhu dan komposisi di seluruh partikel.

Fluided bed drying adalah metode optimal untuk pengeringan padatan basah yang terkontrol, lembut dan merata. Pertukaran panas/massa yang intensif dari produk unggun terfluidisasi membuat metode ini sangat efektif dan menghemat waktu. Teknologi ini juga cocok untuk pengeringan produk butiran semprot atau ekstrusi dengan sisa kelembaban yang sangat rendah.

Fluided bed drying dapat digunakan di seluruh industri pengolahan bubuk. Dalam industri farmasi, metode inovatif ini telah lama menggantikan tray dryer yang memakan waktu lama. Proses fluided bed drying mengurangi waktu pengeringan dua puluh kali lipat. Selain itu, pengeringan unggun terfluidisasi memberikan kondisi pengeringan yang terkontrol dan seragam.

Skema kerja fluided bed dryer

Skema sederhana fluided bed dryer. Sumber: https://pharmaceuticalupdates.com/2020/12/27/principle-and-working-of-fluidized-bed-dryer-fbd/

Fluided bed dryer terdiri dari bowl, air heater, saluran inlet dan outlet, bed. Pertama-tama, bahan yang akan dikeringkan akan dimasukkan ke dalam bowl. Bagian bawah bowl dialirkan udara panas dari air heater yang akan menyembur bahan baku ke atas bed. Udara panas akan memutar-mutar bahan baku sehingga kalor akan tersebar merata keseluruh bahan yang ada di bowl. Setelah air heater dimatikan, bowl dikeluarkan dan bahan baku yang kering diambil dan dibawa ke proses selanjutnya.

PT Tensor memberikan jasa konsultasi Finite Element Analysis (FEA) dan Computational Fluid Dynamics (CFD) untuk desain engineering. Kami juga memberikan tutorial-tutorial gratis penggunaan software nya di kanal youtube kami. Hubungi kami sekarang juga!

>> KLIK DI SINI UNTUK JASA KONSULTASI

>> YOUTUBE PT TENSOR

>> KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL LAINNYA !

Kontributor: Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

Sumber:

M. Walas, Stanley. 1990. Chemical Process Equipment: Selection and Design. Kansas: Butterworth-Heinemann.

https://pharmaceuticalupdates.com/2020/12/27/principle-and-working-of-fluidized-bed-dryer-fbd/ (diakses pada tanggal 14 Juni 2021)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments