Co-Simulation – di mana multiphysics menjadi nyata

Tingkatkan akurasi, presisi serta performa CAE

Hampir pada semua perusahaan engineering, CAE digunakan secara terisolasi dari aktivitas lainya pada tim disiplin engineering khusus. Performa, safety, dan kehandalan dari produk mereka dipengaruhi secara signifikan oleh interaksi antar-disiplin tersebut.

Selama lebih dari 50 tahun, kembali saat NASA meluncurkan project pendaratan di bulan, software MSC telah hadir sebagai co-simulation CAE kelas dunia untuk para engineer di seluruh dunia. Dan ada beberapa alasan kenapa para engineer memilih solusi dari MSC.

Performa holistik

Co-Simulation memberikan engineer performa yang lebih lengkap dan holistik dengan menggabungkan berbagai disiplin simulasi. Semuanya dari akustik, multibody dynamics, CFD, analisis struktur, hingga tumbukan eksplisit dihubungkan menjadi satu dalam solusi ini.

Tingkatkan akurasi dan presisi

“Kemampuan Co-Simulation untuk secara cepat dan mudah mencari solusi alternatif dalam satu proses pengerjaan memungkinkan kami mendapatkan performa yang dibutuhkan yaitu suspensi yang lebih ringan dan meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraaan kami”

~ Technical expert di Endurance Attribute and Chassis CAE Department, Volvo

Analisis Performa Lebih Cepat

“kemampuan Adams-Marc Co-Smulation lebih dari harapan kami mencapai target dengan hasil yang baik dengan waktu yang reasonable. Dengan lebih dari 90% pengurangan waktu komputasi, optimasi menggunakan non-linear FEA menjadi sangat praktis. Pengembangan dengan tools ini menghasilkan keuntungan yang luar biasa dan krusial untuk pengembangan produk kami, dan kami bangga bekerjasama dengan MSC dalam pengembangan teknilogi”

~Chief engineer, Litens Automotive Group

TEKNOLOGI CO-SIMULATION MSC

Tergantung dari jenis analisis, engineer dapat menggunakan solusi dari MSC dengan dua cara – Co-Simulation (mengaplikasikan beragam fenomena fisik ke model secara simultan) atau menghubungkan simulasi (menyambungkan hasil simulasi dengan input simulasi selanjutnya).

1. MSC CoSim Engine

MSC CoSim Engine telah dikembangkan untuk menghadirkan interface co-simulation untuk direct-coupling pada solver/disiplin yang berbeda-beda dengan framework multi-physics. Versi pertama ini, telah tersedia, memungkinkan engineer untuk mempersiapkan model co-simulation antara Adams, Marc, MSC Nastran dan scFLOW.

2. Solusi Open Co-Simulation Lainya

Selain CoSim engine, MSC juga mendukung beberapa metodologi co-simulation, termasuk Functional Mock-up Interface (FMI), Adams Marc Co-Simulation Interface (ACSI) dan lain sebagainya.

3. Simulasi Berantai

Simulasi berantai memungkinkan engineer CAE dari berbagai departemen untuk mengintegrasikan berbagai disiplin secara berurutan dan meningkatkan akurasi simulasi secara keseluruhan. Sebagai contoh, data menyebrangi jalan diambil dari Adams dengan model kendaraan full digunakan untuk input simulasi MSC Nastran untuk analisis tegangan dan kehandalan.

BEBERAPA APLIKASI MSC CO-SIMULATION

Deployment flap sayap pesawat terbang

Kendaraan melalui genangan air

Sloshing pada tangki bahan bakar

Buoyant Logs mengapung

Fluid Structure Interaction (FSI)

Katup diafragma terdistorsi

Water jet mengenai plat

Mekanisme Wiper

Proses Forming

Validasi algoritma robotic arm

Autonomous Driving

Analisis Noise Sistem Exaust

PT Tensor Sinergi Indonesia adalah distributor resmi sofware co-simulation yang merupakan salah satu produk dari MSC Software.