MSC Nastran

Struktural analisis multidisiplin

MSC Nastran adalah software analisis multidisiplin yang digunakan paling banyak di dunia pada berbagai industri oleh para engineer untuk simulasi statis, dinamis, serta termal untuk domain linear maupun non-linear yang sangat kaya dan profesional. Semuanya tersedia pada high performance computing.

Engineers menggunakan MSC Nastran untuk memastikan sistem struktural memiliki kekuatan, kekakuan, dan ekspektasi usia yang dibutuhkan untuk menghindari kegagalan (excess stress, resonansi, buckling, atau deformasi yang terlalu besar) yang dapat menurunkan kualitas atau bahkan safety dari struktur.

Manufacturer menggunakan pendekatan multidisiplin yang unik dari MSC Nastran pada berbagai fase proses pengembangan, seperti membuat prototype virtual pada awal desain, mengevaluasi kegagalan struktur yang muncul pada saat penggunaan produk di lapangan, serta mengoptimalkan performa dari produk existing sehingga jauh lebih kompetitif dari kompetitor.

MSC Nastran berbasis pada metode numerik yang sophisticated, secara umum Finite Element Analysis. Permasalahan FE nonlinear juga dapat diselesaikan dengan metode implisit yang ada. Algoritma untuk optimasi juga tersedia, termasuk MSCADS dan IPOPT. Kapabilitas fatigue di MSC Nastran menggunakan CAEfatigue yang merupakan solver fatigue paling cepat dan robust di pasaran saat ini.

Analisis struktur multidisiplin

Dalam melakukan analisis struktur, sering kali kita memerlukan analisis yang komprehensif dengan berbagai software dan user harus cukup terlatih untuk menggunakan tiap software tersebut. MSC Nastran memfasilitasi berbagai disiplin analisis, seperti: linear dan non-linear, statis dan dinamis (termasuk Noise Vibration and Harshess dan noise), thermal, buckling, fatigue, composite, dan lain sebagainya.

Adapun banyak sekali kapabilitas-kapabilitas khusus dari MSC Nastran yang jarang sekali dimiliki oleh software FAE lainya, seperti: rotor dynamics, aeroelastic, porous material, embedded fatiuge, dan banyak lagi.

Permodelan struktur assembly

Satu bagian part sebuah struktur jarang sekali dianalisis secara individu. MSC Nastran memfasilitasi berbagai metode untuk menghungkan berbagai komponen pada berbagai komponen. Tersedia berbagai koneksi, seperti permanent glue, welds dan fastener, analisis tegangan kontak, yang dapat diseting secara manual ataupun otomatis.

Solver dari MSC Nastran yang sudah berkembang sejak pertama kali FEA lahir, membuatnya sangat robust dan cepat untuk menyelesaikan assembly-assembly yang besar dan detail untuk menyelesaikan “real model” dari setiap kasus engineering.

Optimasi struktur ter-automasi

Optimasi struktur sangatlah penting pada proses pengembangan produk, namun sering kali membutuhkan proses iteratif dan manual yang panjang dan melelahkan. MSC Nastran memiliki algoritma optimasi yang mencari konfigurasi paling optimal dengan berbagai desain space.

  • Optimasi untuk stress, massa, fatigue, dll dengan variasi material, dimensi, beban dll.
  • Meningkatkan bentuk atau profile struktur dengan shape optimization.
  • Menentukan laminasi komposit paling optimal dengan optimasi topometri.
  • Menentukan pattern bead atau steam pada komponen sheet metal dengan optimasi topografi.
  • Menghilangkan volume yang tidak dibutuhkan dengan topology optimization.
  • Secara simultan mengoptimalkan berbagai model dengan berbagai disiplin dengan optimasi multi-model.

High performance computing

Analisis struktur yang besar, atau transient yang membutuhkan effort komputasi besar terkadang menjadi tantangan tersendiri terkait dengan waktu dari komputasinya, yang mempengaruhi produktivitas dari tim engineering secara komprehensif.

MSC Nastran memfasilitasi penggunaan high performance computing seperti multi-core dan multi-node klaster dengan teknologi paralelisasi, shared memory parallel dan distributed memory parallel. Tersedia berbagai solver automatic yang dapat meningkatkan kecepatan komputasi menjadikanya industry standard untuk menyelesaikan model yang mendekati realita.