Spur Gear

Spur gear/roda gigi pacu adalah komponen gigi berbentuk silinder yang digunakan di industri untuk mentransmisikan gerakan mekanis dan untuk mengontrol kecepatan, daya, dan torsi. Roda gigi sederhana ini tidak mahal, tahan lama, andal, dan menyediakan penggerak positif kecepatan konstan untuk memfasilitasi operasi industri sehari-hari.

Spur gear adalah jenis roda gigi yang paling sederhana. Mereka terdiri dari silinder atau piringan dengan gigi yang menonjol secara radial. Meskipun gigi tidak lurus, biasanya memiliki bentuk khusus untuk mencapai rasio penggerak konstan yang terutama involute tetapi lebih jarang cycloidal, tepi setiap gigi lurus dan sejajar dengan sumbu rotasi.

Spur gear adalah roda gigi umum yang paling mudah divisualisasikan yang mentransmisikan gerakan antara dua paralel dan coplanar dan gigi yang lurus dan sejajar dengan poros. Spur gear adalah salah satu jenis silinder presisi yang paling populer. Roda gigi ini memiliki konstruksi sederhana dari gigi lurus dan paralel yang diposisikan di sekitar lingkar badan silinder dengan lubang tengah yang pas di atas poros. Dalam banyak varian, roda gigi dikerjakan dengan hub yang menebalkan bodi roda gigi di sekitar lubang tanpa mengubah permukaan roda gigi. Lubang tengah juga dapat dibor sehingga roda gigi pas ke spline atau poros yang dikunci. Karena bentuknya, mereka diklasifikasikan sebagai roda gigi silinder. Karena permukaan gigi roda gigi sejajar dengan sumbu poros yang dipasang, tidak ada gaya dorong yang dihasilkan dalam arah aksial.

Jenis-jenis Spur Gear

  • Roda gigi eksternal adalah roda gigi dengan gigi dipotong di luar silinder. Dua roda gigi eksternal bertautan dan berputar ke arah yang berlawanan.
  • Roda gigi internal adalah roda gigi dengan gigi dipotong di bagian dalam silinder. Roda gigi eksternal duduk di roda gigi internal dan roda gigi berputar ke arah yang sama. Karena poros lebih dekat satu sama lain, rakitan roda gigi internal lebih kompak daripada rakitan roda gigi eksternal. Roda gigi internal terutama digunakan untuk roda gigi planetary.

Desain Spur Gear

Karena gigi sejajar dengan sumbu poros, spur gear hanya digunakan ketika poros sejajar. Profil gigi roda gigi berbentuk kurva involute dan tetap identik pada seluruh lebar roda gigi. Spur gear memberikan beban radial pada poros.

Desain dan konstruksi unit spur gear secara signifikan mempengaruhi kinerjanya. Untuk melakukan pekerjaan mereka secara efektif dan efisien, mereka harus dibuat dari bahan berkualitas tinggi dan dengan dimensi yang tepat. Dimensi setiap fitur merupakan bagian integral dari cara kerja roda gigi tertentu.

Dengan demikian, ketika seorang profesional industri membutuhkan desain spur gear baru atau roda gigi pengganti. Sangat penting bagi Anda untuk memahami istilah untuk setiap bagian transmisi dan dimensinya masing-masing untuk memastikan kejelasan dan akurasi saat membuat atau memesan.

Free body diagram

Torsi: Beban tangensial benar-benar merupakan komponen yang berguna, karena komponen beban radial tidak memiliki tujuan yang berguna dan tidak mengirimkan daya. Torsi dan beban yang ditransmisikan terlihat terkait dengan persamaan T = (d/2) Wt; Wt = beban transmisi.

Daya horse power: H = T ω ; ω = Kecepatan sudut (rad/s)

Pitch-line velocity: Data roda gigi sering ditabulasi menggunakan kecepatan pitch-line, yang merupakan kecepatan linier dari titik pada roda gigi pada radius lingkaran pitch; jadi V = (d/2)ω yang dapat ditulis menjadi V = π dn/60; d = diameter gear; n = rpm

Beban transmisi: Wt = 60000H/(π dn)

Aplikasi Spur Gear

  • Spur gear juga digunakan untuk menambah atau mengurangi kecepatan suatu benda.
  • Spur gear dapat digunakan untuk menambah atau mengurangi torsi atau daya benda tertentu.
  • Spur gear digunakan untuk mentransfer gerakan dan gaya dari satu poros ke poros lainnya dalam struktur mekanis. Untuk tujuan ini, spur gear digunakan pada mesin cuci, mixer, mesin pengering, mesin konstruksi, pompa bahan bakar, dan penggilingan.
  • Di pembangkit listrik, spur gear digunakan untuk mengubah bentuk energi seperti tenaga angin atau air menjadi energi listrik.
  • Spur gear banyak digunakan di mesin pesawat, kereta api, sepeda, ball mill, dan crusher di mana kebisingan tidak menjadi masalah.
  • Beberapa aplikasi industri yang umum seperti gear box, sistem konveyor, pengurang kecepatan, motor, sistem transportasi mekanis, pompa roda gigi, motor, dan peralatan permesinan.

>>> KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL TENTANG ELEMEN MESIN LAINNYA!

Kontributor : Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

Sumber:

Budynas, Richard G dan J. Keith Nisbett. 2011. Shigley’s Mechanical Engineering Design: Ninth Edition. Amerika Serikat: The McGraw-Hill Companies, Inc.

https://www.engineeringchoice.com/spur-gear/ (diakses pada tanggal 23 Juni 2022)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments