Pengendali Bahan Bakar pada Boiler Pembangkit Listrik Tenaga Uap

Bahan bakar perlu disimpan dengan cara yang aman, diangkut ke tungku dan sering dimodifikasi agar sifat pembakaran menjadi lebih baik. Semua peralatan yang berpartisipasi dalam pekerjaan ini disebut peralatan pengendali bahan bakar/fuel handling.

Coal feeders/ Pengumpan batubara

Pengumpan batubara adalah perangkat yang memasok pulverizer dengan aliran batubara mentah yang tidak terputus. Hal ini penting, terutama dalam sistem tembakan langsung. Ada beberapa jenis, seperti pengumpan sabuk dan pengumpan gulungan overshot.

Pengumpan sabuk menggunakan sabuk melingkar yang berjalan pada dua rol terpisah yang menerima batubara dari atas pada satu ujung dan pemakaiannya di ujung yang lain. Memvariasikan kecepatan sabuk mengontrol laju umpan, sementara pelat leveling memperbaiki kedalaman lapisan batubara di sabuk.

Pengumpan gulungan overshot memiliki rotor multi-bilah, yang berputar di sekitar silinder tetap, berongga, inti. Inti memiliki bukaan ke pengumpan yang dibuang, dan dilengkapi dengan udara panas untuk meminimalkan akumulasi batubara basah, untuk membantu pengeringan batubara. Gerbang perataan pegas dipasang di atas rotor membatasi pelepasan dari kantong rotor.

Crushers/penghancur

Ada banyak jenis penghancur/crusher tersedia secara komersial. Yang paling umum crusher batubara yang digunakan untuk kapasitas yang lebih kecil adalah tipe palu ayun/swing-hammer. Penghancur palu ayun terdiri dari selubung yang melingkupi rotor dengan cincin bijih palu berputar terpasang. Bahan bakar padat (batubara) diumpankan melalui lubang di bagian atas dari casing dan palu atau cincin yang berputar menghancurkan batu bara dengan tumbukan langsung atau dengan melempar batubara secara linear atau bar parut spasi di bagian bawah casing.

Pulvurizer

Untuk mengurangi ukuran partikel batubara menjadi ukuran yang dibutuhkan untuk keberhasilan pembakaran pada batu bara bubuk (ukuran partikel < 0,1 mm), pulverizers atau gilingan digunakan untuk menggiling atau menghancurkan bahan bakar. Penggilingan menggunakan salah satu, dua atau ketiga prinsip dasar pengurangan ukuran partikel: impact, gesekan, dan penghancuran. Empat pulverizer yang paling umum digunakan adalah: tabung bola, ring-roll atau ball-race, benturan atau hammer mill (lihat penghancur), dan tipe atrisi.

Sebuah penggiling bola tabung/ball tube mill pada dasarnya adalah silinder horizontal berongga, diputar pada porosnya. Silinder terisi dengan baja tempa atau bola paduan cor, dengan diameter bervariasi dari 2-10 cm. Batubara diumpankan ke silinder, yang berputar perlahan. Batubara terakumulasi dan perlahan-lahan dihancurkan oleh bola yang menggelinding dan jatuh di dalam silinder. Karena ukurannya yang besar, ball-tube mill berfungsi juga sebagai reservoir penyimpanan batubara bubuk, tetapi konsumsi daya dan kebutuhan ruangnya tinggi.

Sebuah penggiling impact/impact mill terdiri dari serangkaian palu berengsel atau tetap yang berputar di dalam ruangan tertutup. Penggilingan dihasilkan dari kombinasi tumbukan palu pada partikel yang lebih besar, dan gesekan partikel yang lebih kecil satu sama lain. Jenis penggilingan ini sederhana dan kompak, dan kemampuan untuk menangani suhu udara masuk yang tinggi menjadikannya pengering yang sangat baik. Namun, desain kecepatannya yang tinggi menghasilkan biaya perawatan yang lebih tinggi dan konsumsi daya jika ingin lebih halus penggilingannya.

Attrition mills juga menggunakan penggilingan impact, dan diklasifikasikan sebagai penggilingan berkecepatan tinggi. Elemen gerinda terdiri dari pasak dan lug yang dipasang pada cakram, yang berputar di dalam ruang. Tipe penggiling ini memiliki karakteristik yang mirip dengan impact mill.

Ring-roll dan ball-race mills adalah pulverizer yang paling banyak digunakan untuk penggilingan batubara. Jenis ini memiliki kecepatan sedang dan memanfaatkan penghancuran dan gesekan partikel untuk mendapatkan ukuran pengurangan. Grinding/penggilingan terjadi antara dua permukaan, satu (bola atau gulungan) berguling yang lain (menggunakan ring). Ukurannya bisa sampai 2,5 m untuk ring, dengan diameter bola atau guling kira-kira sepertiga dari ring. Penggilingan jenis ini dapat menangani batubara yang sangat basah, dan suhu udara masuk membuatnya menjadi pengering yang sangat efisien. Mill ini membutuhkan daya yang lebih sedikit daripada mill jenis lainnya.

>> KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL SEPUTAR KONVERSI ENERGI LAINNYA!

Kontributor: Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

Sumber:

Tier, Sebastian. 2003. Steam Turbine Technology 2nd Edition. Helsinki: Helsinki University of Technology Department of Mechanical Engineering.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments