Band Brakes

Band brakes sederhana dan tidak mahal daripada kebanyakan perangkat pengereman lainnya, dengan shoe brake menjadi rival terdekat. Karena kesederhanaannya, band brakes dapat diproduksi dengan mudah oleh sebagian besar produsen peralatan tanpa harus membeli peralatan khusus dan tanpa harus menggunakan pengecoran atau fasilitas penempaan. Hanya lapisan yang harus dibeli dari sumber luar.

Band brakes digunakan di banyak aplikasi seperti transmisi kendaraan otomatis dan backstop (perangkat yang dirancang untuk mencegah pembalikan rotasi), untuk konveyor bucket, kerekan, dan sejenisnya. Band brake sangat diinginkan dalam aplikasi yang disebutkan terakhir karena tindakan mereka dapat dibuat otomatis tanpa kontrol tambahan.

Band brake pada transmisi otomatis dan backstop

Contoh Desain pada Backstop

Desain backstop memiliki 41 bucket di setiap sisi. Untuk tujuan desain, asumsikan bahwa semua bucket di sisi yang bergerak ke bawah kosong dan semua bucket di sisi yang bergerak ke atas terisi ketika daya dimatikan, dengan masing-masing bucket mengandung 129 pon bahan. Diameter pitch ds sproket adalah 34 inci.

Skema pada backstop

Asumsikan bahwa koefisien gesekan lapisan akan selalu 0,4 dan bahwa nilai minimum pmax adalah 275 psi. Persyaratan perumahan menuntut bahwa diameter drum backstop tidak lebih besar dari 33 inci. Gunakan faktor keamanan 1,5 dalam mengukur pita drum, yang harus dibuat dari baja pegas yang memiliki daya luluh tegangan 102.000 psi.

T = (ds/2)WN = (34/2)129(41) = 89; 913 in.-lb

sebagai nilai torsi maksimum yang diharapkan. Di sini W menunjukkan berat maksimum yang diharapkan material dalam bucket dan N menunjukkan jumlah bucket setiap sisi. Berat rantai dan bucket kosong diabaikan karena rantai dan rakitan bucket kosong berada dalam keseimbangan karena simetri sistem konveyor terhadap sumbu vertikalnya.

w = T/[pmaxr2(1-eα)]

jadi substitusi a = 300π/180 = 5.2360 radian bersama dengan nilai yang diberikan ke dalam rumus ini menghasilkan

w = 1.457 in

Gaya pada Backstop dapat dirumuskan menjadi

F1 = T/[r(1-eα)]

Notasi dan Rumus-rumus

>>> KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL TENTANG ELEMEN MESIN LAINNYA!

Kontributor : Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

Sumber:

Orthwein, William C. 2004. Clutches and Brakes Design and Selection Second Edition. Illinois: Marcel Dekker, Inc.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments