Dalam standar spesifikasi untuk baut, kekuatan ditentukan oleh standar SAE atau ASTM, proof strength minimum, atau proof load minimum, dan kekuatan tarik minimum. Beban proof adalah beban (gaya) maksimum yang dipikul oleh sebuah baut dapat bertahan tanpa melewati batas elastis. Strength proof adalah hasil bagi beban proof dan daerah tegangan tarik. Tabel-tabel di bawah memberikan spesifikasi kekuatan minimum untuk baut baja.

Perlu dicatat bahwa semua spesifikasi baut yang dibuat di negara memiliki standar pabrikan tanda atau logo, selain tanda tingkatan, pada kepala baut. Tanda seperti itu adalah bukti bahwa baut memenuhi atau melebihi spesifikasi. Jika tanda tersebut hilang, bautnya boleh diimpor; untuk baut impor tidak ada kewajiban untuk memenuhi spesifikasi.

Mur juga terdapat klasifikasi ukuran sehingga dapat dikawinkan dengan kelas baut yang sesuai. Tujuan mur adalah agar ulirnya berhenti untuk mendistribusikan beban baut lebih merata ke mur. Sifat mue dikendalikan untuk mencapai hal ini. Kelas mur harus sesuai dengan kelas baut.

Spesifikasi baut baja SAE

Spesifikasi baut baja Metric

Spesifikasi baut baja ASTM

Keterangan:

Tensile Strength: Beban maksimum dalam tegangan yang dapat ditahan oleh suatu bahan sebelum pecah atau patah.

Yield Strength: Beban maksimum di mana material menunjukkan deformasi permanen tertentu.

Proof Load: Beban tarik aksial yang harus ditahan produk tanpa melewati batas elastisitas benda.

1MPa = 1N/mm2 = 145 pounds/inch2