Key/pasak adalah elemen mesin yang terbuat dari baja ringan dan digunakan untuk pencegahan gerak relatif antara poros dan roda gigi atau hub pulley yang terpasang. Pasak dimasukkan antara poros dan hub membuat sambungan antara poros dan katrol atau roda gigi. Jalur pasak dipotong pada permukaan poros sama dengan setengah ukuran pasak, sejajar dengan sumbu poros, dan juga di hub atau roda gigi yang akan dipasang. Untuk memasang hub atau roda gigi, pasak ditempatkan di jalur pasak poros. Kemudian mencocokkan jalur pasak tersebut dengan dipasang pasak yang sesuai dan digeser dari salah satu ujung poros sampai sepenuhnya masuk memenuhi jalur pasak. Setelah perakitan, pasak sebagian masuk poros dan sebagian di hub bagian sambungan.

FUNGSI PASAK

  • Pasak digunakan untuk mencegah rotasi relatif tetapi terkadang memungkinkan gerakan geser di sepanjang poros jika diperlukan.
  • Pasak adalah pengencang sementara dan selalu terbuat dari baja ringan karena mengalami tegangan geser dan tekan yang disebabkan oleh torsi yang ditransmisikan.
  • Sebuah alur pasak adalah potongan alur pada poros atau hub untuk menampung kunci. Alur pasak dapat berbentuk horizontal atau vertikal.
  • Pasak digunakan untuk mentransmisikan torsi poros ke komponen semacam pulley, gear, dll

JENIS-JENIS PASAK

Saddle Key

Saddle key adalah pasak yang pas di jalur pasak hub saja. Saddle key sangat mirip dengan pasak datar kecuali sisi bawahnya cekung agar sesuai dengan permukaan poros. Pasak ini juga memiliki pegangan gesek sehingga tidak dapat digunakan untuk beban berat. Pin sederhana dapat digunakan sebagai pasak untuk mengirimkan torsi besar. Sangat sedikit konsentrasi tegangan terjadi pada poros dalam kasus ini.

Sunk Key

Sunk key adalah pasak di mana setengah ketebalan pasak cocok dengan alur pasak hub dan sisanya tetap berada di alur pasak poros.

  • Pasak persegi memiliki penampang persegi.
  • Pasak persegi panjang memiliki penampang persegi panjang.

Kelebihan Sunk Key adalah transmisi dayanya yang lebih besar dari Saddle key dan kelemahannya adalah karena alur pasak harus dibuat di poros dan hub maka biayanya tinggi.

Flat Key

Flat key digunakan untuk beban ringan karena bergantung sepenuhnya pada gesekan pegangan. Sisi pasak ini sejajar tetapi bagian atas sedikit meruncing agar pas. Pasak ini memiliki ketebalan sekitar setengah dari sunk key.

Feather Key

Feather key digunakan ketika satu komponen meluncur di atas yang lain. Pasak dapat dipasang baik ke hub atau poros dan alur pasak biasanya memiliki bidang geser yang pas.

Woodruff Key

Pasak woodruff adalah salah satu bentuk sunk key yang bentuk pasaknya adalah cakram terpotong. Biasanya digunakan untuk poros kurang dari sekitar 60 mm dan alur pasak dipotong di poros menggunakan mesin frais. Pasak ini banyak digunakan dalam peralatan mesin dan mobil karena keuntungan ekstra yang diperoleh dari kedalaman ekstra. Pasak baja banyak digunakan untuk mengamankan bagian-bagian mesin seperti roda gigi dan pulley.

PERTIMBANGAN DESAIN

  1. Daya yang ditransmisikan.
  2. Ketat pas
  3. Stabilitas sambungan
  4. Biaya
  5. Kegagalan pasak
  6. kegagalan geser pasak
  7. Bahan pasak porosnya harus sama tetapi kuncinya harus lebih lemah dari porosnya.

Kontributor : Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

Sumber:

Niijjaawan, Neeraj dan Rasshmi Niijjaawan. 2010. Modern Approach to Maintenance in Spinning. New Delhi: Woodhead Publishing India Pvt. Ltd

https://learnmech.com/types-of-mechanical-keys-design-of-keys/ (diakses pada tanggal 29 November 2022)

https://clubtechnical.com/key (diakses pada tanggal 29 November 2022)