Karena keramik terdiri dari setidaknya dua elemen, dan seringkali lebih, struktur kristalnya umumnya lebih kompleks daripada logam. Ikatan atom dalam bahan-bahan ini berkisar dari murni ionik hingga benar-benar kovalen; banyak keramik menunjukan kombinasi dari dua jenis ikatan ini, derajat karakter ion bergantung pada keelektronegatifan atom.

STRUKTUR KRISTAL KERAMIK

Untuk bahan keramik yang ikatan atomnya didominasi ionik, struktur kristal dapat dianggap terdiri dari ion bermuatan listrik atom. Ion logam, atau kation, bermuatan positif karena mereka melepaskan elektron valensinya menjadi ion nonlogam, atau anion, yang bermuatan negatif. Dua karakteristik ion dalam bahan keramik kristal mempengaruhi struktur kristal: besarnya muatan listrik pada masing-masing komponen ion, dan ukuran relatif kation dan anion. Berkenaan dengan karakteristik pertama, kristal harus netral secara listrik; yaitu, semua kation muatan positif harus diseimbangkan oleh jumlah muatan negatif anion yang sama. Rumus kimia dari suatu senyawa menunjukkan rasio kation terhadap anion, atau komposisi yang mencapai kesetimbangan muatan. Misalnya, dalam kalsium fluorida, setiap ion kalsium memiliki +2 muatan (Ca2+), dan terkait dengan setiap ion fluor adalah muatan negatif tunggal (F ). Sehingga, F menjadi dua kali lebih banyak karena untuk menyeimbangkan jumlah ion Ca, yang tercermin dalam rumus kimia CaF2.

Jenis struktur kristal keramik secara umum terdiri dari AX, AmXP, dan AmBnXp . Ketiga jenis tersebut dibedakan berdasarkan jumlah unsur yang terkandung dalam satu senyawa keramik.

Gambar 1. Ringkasan Beberapa Struktur Kristal Keramik Umum

Gambar 2. Unit sel pada a) NaCl; b) CsCl dan c) ZnS

Gambar 3. Unit sel pada a) CaF2 dan b) BaTiO3

KERAMIK SILIKAT

Silikat adalah bahan yang utamanya terdiri dari silikon dan oksigen, dua elemen yang paling melimpah di kerak bumi; akibatnya, sebagian besar tanah, batu, lempung, dan pasir ikut dalam klasifikasi silikat. Daripada mengkarakterisasi struktur kristal ini bahan dalam hal sel satuan, akan lebih mudah untuk menggunakan berbagai pengaturan SiO44- tetrahedron. Setiap atom silikon terikat pada empat atom oksigen, yang terletak di sudut-sudut tetrahedron; atom silikon diposisikan pada tengah. Karena ini adalah unit dasar silikat, sering diperlakukan sebagai muatan negatif yang dibebankan. Struktur yang lebih kompleks dapat terjadi jika ada penambahan kation dan anion lain.

Keramik silikat meliputi:

  • Silika kristal (SiO2 / kristobalit)
  • Silikat berlapis
  • Silika kaca non-kristal
Gambar 4. a) Silika kristal (SiO2 atau kristobalit);
b) Silikat berlapis; c) Silika kaca non-kristal

Pada era yang serba digital ini, proses manufaktur juga sangat dibantu dengan teknologi-teknologi yang ada. Salah satu yang paling umum dikenal di industri adalah virtual manufacturing, yaitu memodelkan proses manufaktur secara detail, baik dari proses fisiknya, hingga perhitungan manajemen harga, waktu dan lain sebagainya, sehingga akan sangat meningkatkan produktivitas dari proses manufaktur termasuk di dalamnya menjadi proses penting dalam pengambilan keputusan maintenance. Simak video di bawah ini untuk selengkapnya tentang virtual manufacturing: