Biaya, terutama di segmen mobil mewah, dahulu dianggap sebagai perhatian sekunder sedangkan desain memiliki status dan pentingan yang lebih besar. Pasar telah menjadi lebih kompetitif dari tahun ke tahun sampai pada titik di mana peningkatan dan efisiensi selama proses menjadi semakin penting. Tujuannya adalah untuk memberikan kualitas yang diharapkan dengan biaya yang dapat dibenarkan dengan waktu pemasaran yang secepat mungkin. Sudah umum diketahui bahwa dampak terbesar pada biaya akhir kendaraan dengan biaya implementasi yang paling sedikit dapat dicapai pada tahap awal desain bagian.

Sebagian besar biaya dari penstampelan lembaran logam adalah biaya material yang di-stamp. Untuk membuat bagian lebih murah, kita harus meminimalkan seluruh material. Seluruh material mencakup semua material dari bagian tersebut, tetapi juga semua limbah yang dihasilkan selama produksi bagian tersebut.

Material Utilisation Deployment (MUD) adalah proses untuk secara sistematis meningkatkan penggunaan material secara keseluruhan untuk seluruh tubuh mobil (BIW). Industri otomotif secara luas menerima bahwa peningkatan MUD sebesar 1% setara dengan $20-$30 USD per kendaraan secara rata-rata.

Ford mengakui kebutuhan mereka untuk meningkatkan MUD dengan menerapkan proses yang mencakup evaluasi dan pertimbangan MUD selama fase desain. Ini memerlukan pergeseran budaya untuk sekarang memiliki desain dan manufaktur membahas MUD. Proses ini perlu menjadi sistem yang terbukti dan dapat diulang untuk Ford Global, memungkinkan dampak terbesar pada efisiensi desain dan manufaktur, serta pada bottom line.

Penggunaan material adalah rasio berat bagian dibagi berat seluruh material, termasuk limbah. Penggunaan material yang tinggi mengidentifikasi proses desain dan manufaktur yang lebih efisien. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan penggunaan material selama fase desain untuk menjadi efisien dalam manufaktur. Selama bertahun-tahun, ada banyak paket perangkat lunak penggunaan material yang telah digunakan untuk mengevaluasi biaya bagian. Estimator biaya melakukan ini untuk pembandingan atau mendukung organisasi pembelian dalam negosiasi dengan pemasok. Sayangnya, tindakan ini adalah cara untuk memaksimalkan penggunaan material untuk desain tertentu daripada untuk memandu proses desain. Penggunaan material perlu dipertimbangkan saat bagian-bagian tersebut berada dalam proses desain; ini memungkinkan perubahan desain untuk diimplementasikan dengan dampak rendah pada biaya proses manufaktur, mencapai dampak maksimum.

FTI FormingSuite menggunakan pendekatan ilmiah berbasis fisika untuk mengembangkan bentuk kosong yang akurat berdasarkan proses pembentukan dan sifat material dan memperhitungkan regangan dan deformasi geometri produk 3D. Insinyur biaya mendapatkan kepercayaan diri (pengetahuan internal), proyeksi material yang cepat dan akurat, meningkatkan akurasi penawaran, menyarankan perubahan produk yang mempengaruhi penggunaan material, mengevaluasi kekhawatiran manufaktur bagian, dan mempromosikan kepercayaan dan kepercayaan dengan pelanggan Anda.

Selama lebih dari satu dekade di Ford, sistem perangkat lunak FTI FormingSuite telah menjadi bagian penting dari “Set Based” mereka untuk menggunakan mekanisme memeriksa beberapa desain/solusi, tinjauan desain awal, R&D, teknologi pemasok, dan efisiensi desain. Enabler kunci ini termasuk pelatihan insinyur desain dalam teknologi manufaktur, menggunakan alur kerja berbasis template (transfer, progresif, dll.), dan kemampuan untuk menjalankan beberapa skenario secara batch. Ini membantu insinyur desain untuk dengan cepat menjalankan ulang status program dan mengevaluasi arah perbaikan penggunaan material. Yang paling penting, hal ini memungkinkan transfer pembelajaran dari program ke program sehingga insinyur tidak perlu memulai dari awal setiap saat dan memiliki template khas untuk jenis bagian tertentu (tiang A, tiang B, dll.). Kemudian mereka mengetahui target penggunaan material yang tepat.

Ford telah berhasil meningkatkan penggunaan lembaran logam secara keseluruhan secara signifikan sebagai hasil dari implementasi FTI FormingSuite dalam proses desain mereka.

“Perangkat lunak FTI FormingSuite telah menjadi alat penting untuk mengevaluasi desain dan mendefinisikan proses yang lebih efisien pada tahap pengembangan awal. Ini memudahkan insinyur kami untuk mengidentifikasi beberapa enabler, baik dalam desain maupun manufaktur, yang membantu kami menutup kesenjangan terhadap proses optimal untuk setiap penempaan serta menyoroti peluang utama bagi pemasok kami,” kata Saulo Munguia M., Material Utilisation & Stamping Feasibility, Product Development, Ford Motor Company. “Selain itu, aplikasi ini telah memungkinkan Ford untuk secara signifikan meningkatkan penggunaan material secara keseluruhan selama lebih dari satu dekade dengan meminimalkan jumlah limbah lembaran logam,” tambah Munguia.

Untuk mencapai efisiensi manufaktur, diperlukan pendekatan yang beragam, tidak hanya melihat berbagai tingkat perusahaan dan mendekati semuanya. Menggabungkan kemampuan untuk mengevaluasi penggunaan material secara dini, cepat, dan efisien pada tahap desain memungkinkan penggunaan pembelajaran dari program-program sebelumnya. Ford telah secara signifikan meningkatkan penggunaan material di semua platform dengan menerapkan proses standar bagi insinyur desain untuk mengevaluasi dan memahami penggunaan target untuk semua komponen BIW. Proses standar ini memastikan bahwa Ford akan terus mendesain untuk efisiensi manufaktur, membantu mengurangi jejak lingkungan mereka, dan melihat pengurangan biaya material yang berkelanjutan.

Software Terkait

PT Tensor memberikan jasa konsultasi Finite Element Analysis (FEA) dan Computational Fluid Dynamics (CFD) untuk desain engineering. Kami juga memberikan tutorial-tutorial gratis penggunaan software nya di kanal youtube kami. Hubungi kami sekarang juga!