TEKNOLOGI INFORMASI/Information Technology (IT)

Semakin berkembangnya zaman, pemanfaatan komputer atau internet semakin banyak dan semakin banyak fitur-fitur terbaru. Salah satu bidang baru yang mempelajari komputer adalah teknologi informasi (IT). IT merupakan bidang yang berkaitan erat dengan perkembangan teknologi. Teknologi informasi adalah ilmu perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer terutama pada aplikasi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak komputer).

Istilah teknologi informasi telah berkembang merangkul berbagai teknologi dan disiplin ilmu. IT terdiri dari sistem informasi berbasis komputer dasar, termasuk perangkat keras komputasi, sistem operasi (OS), perangkat lunak aplikasi, dan data yang diproses untuk menghasilkan informasi yang berguna. Seiring berjalannya waktu, masing-masing komponen dan fungsi IT menjadi lebih kompleks, merangkul sekumpulan teknologi dan metodologi yang terus berkembang.

Contoh pengaplikasian ilmu IT. Sumber: canva.com

Fungsi Teknologi Informasi

  1. Menangkap (Capture). Menangkap dapat diartikan sebagai menginput perintah/data. Misalnya, menerima perintah dari mic, keyboard, scanner, dan lain-lain.
  2. Mengolah (Processing). Mengolah data input yang diterima menjadi informasi. Pengolahan dan pemrosesan data dapat berupa mengkonversi, menganalisis, dan menghitung (kalkulasi).
  3. Menghasilkan (Generating). Menghasilkan atau mengorganisasikan informasi ke dalam bentuk yang berguna atau laporan yang dapat dimengerti oleh orang lain. Misalnya seperti, laporan, tabel, grafik, dan gambar.
  4. Menyimpan (Storage). Merekam atau menyimpan data dan informasi dalam suatu media yang dapat digunakan untuk keperluan lain. Contohnya adalah menyimpan ke hard disk, flash disk, tape, cloud, dan lain-lain.
  5. Mencari Kembali (Retrival). Menelusuri dan mendapatkan kembali informasi atau menyalin data dan informasi yang sudah tersimpan. Misalnya mencari data penjualan yang sudah disimpan sebelumnya.
  6. Mentransmisi (Transmission). Mengirim data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi lain melalui jaringan komputer. Misalkan dengan mengirimkan data penjualan dari user A ke user yang lainnya.

Apa perbedaan IT dengan Ilmu Komputer?

IT umumnya dikaitkan dengan penerapan teknologi penanganan masalah bisnis. Tenaga kerja IT berorientasi pada teknologi yang dikembangkan seperti sistem perangkat keras, OS, dan perangkat lunak aplikasi. Kemahiran dalam TI diperlukan untuk mengidentifikasi komponen perangkat keras dan perangkat lunak yang harus digunakan untuk meningkatkan proses bisnis tertentu. Profesional TI bekerja dengan berbagai teknologi, seperti OS server, perangkat komunikasi dan perangkat lunak, dan aplikasi.

Persiapan karir IT membutuhkan kursus dasar dalam sistem perangkat keras dan perangkat lunak. IT umumnya mencakup mata kuliah seperti: analisa bisnis, manajemen proyek, telekomunikasi, administrasi jaringan, desain database, manajemen database.

Ilmu komputer berfokus pada logika dan desain yang mendasari komponen yang digunakan developer untuk merakit sistem bisnis. Penguasaan matematika yang kuat dibutuhkan untuk mempelajari ilmu komputer. Banyak pekerjaan dalam ilmu komputer melibatkan pengembangan algoritma dan logika serta penulisan kode tingkat rendah yang memungkinkan sistem komputer untuk mengatasi masalah bisnis.

Saintis ilmu komputer dapat berpartisipasi dalam pekerjaan rekayasa perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan untuk mengembangkan produk. Mereka juga cenderung mempelajari teknologi yang lebih abstrak, seperti kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML).

Ilmu komputer membutuhkan dasar dalam konsep komputer dan matematika tingkat lanjut. Mata kuliah ilmu komputer yang ada di universitas meliputi: AI dan ML, neural network, sistem keamanan, analitik data, user experience.

Peluang Karir IT

Berikut adalah beberapa posisi pekerjaan yang akan Anda temukan di banyak perusahaan IT:

  • Computer support specialist. Bekerja di garis depan untuk memecahkan masalah teknologi apa pun termasuk masalah perangkat lunak, kerusakan komputer, dan masalah perangkat keras. Posisi ini juga dapat membantu anggota IT tingkat senior dengan masalah jaringan skala besar.
  • Network system administrator. Fokus pada gambaran besar dari sistem jaringan, keamanan dan kinerja.
  • Computer system analyst. Bekerja di belakang layar memecahkan masalah bisnis dengan metode IT. Posisi ini biasanya ahli dalam industri tertentu saat bekerja untuk perusahaan teknologi atau bekerja langsung di industri, seperti keuangan atau pemerintahan.
  • Information security analyst. Bertanggung jawab atas keamanan jaringan komputer organisasi, melakukan pengujian, dan mengembangkan praktik keamanan terbaik di seluruh perusahaan.

>>KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL UMUM LAINNYA!

Kontributor: Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

aeroengineering services merupakan layanan dibawah CV. Markom dengan solusi terutama CFD/FEA.

Sumber:

https://www.canva.com/design/DAEc8H1boDY/share/preview?token=sGWrQucDOpjLPZCkj6_C4g&role=EDITOR&utm_content=DAEc8H1boDY&utm_campaign=designshare&utm_medium=link&utm_source=sharebutton (diakses pada tanggal 28 April 2021)

https://widuri.raharja.info/index.php?title=Teknologi_Informasi (diakses pada tanggal 28 April 2021)

https://idcloudhost.com/teknologi-informasi-pengertian-fungsi-tujuan-dan-manfaat-teknologi-informasi/ (diakses pada tanggal 28 April 2021)

https://teknologi.id/insight/pengertian-teknologi-informasi-serta-tujuan-dan-fungsinya/ (diakses pada tanggal 28 April 2021)

https://searchdatacenter.techtarget.com/definition/IT (diakses pada tanggal 28 April 2021)

https://www.rasmussen.edu/degrees/technology/blog/what-is-information-technology/ (diakses pada tanggal 28 April 2021)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments