konveyor dan elevator mekanik (mechanical conveyors and elevators) pada industri

Industri-industri yang mengolah bahan mentah berbentuk butiran atau bubuk pasti memiliki sejumlah peralatan penggerak yang mengangkut bahan-bahan mentah tersebut. Salah satu peralatan pengangkut yang terkenal di industri adalah konveyor dan elevator mekanik.

Padatan butiran diangkut secara mekanis dengan didorong bersama atau diseret atau dibawa dengan konveyor. Gerakan bisa berarah horisontal atau vertikal atau keduanya. Dalam proses industri jarak pemindahan konveyor di bawah seratus kaki atau beberapa ratus kaki. Kapasitas berkisar hingga beberapa ratus ton / jam. Konveyor dan elevator telah dibentuk selama kurang lebih 100 tahun oleh sejumlah produsen dan terus berkembang mulai dari teknologinya sampai standar yang berlaku hingga saat ini.

Macam-macam Konveyor dan Elevator

Belt conveyor. Belt conveyor merupakan media pengangkut jarak jauh dari susunan ban atau sabuk yang dapat digunakan untuk mengangkut beberapa unit dengan kapasitas yang besar. Sabuk ini biasanya dilapisi karet pada bagian atas atau sisi yang aus dan diperkuat lebih lanjut dengan karet “tapak” yang meluas ke tepi luar sabuk. Bagian bawah atau sisi katrol hanya memiliki lapisan tipis untuk melindungi dudukan. Dudukan conveyor biasanya memiliki berat 28 sampai 42 ons tergantung pada faktor panjang conveyor, lebar belt, ukuran head dan tail pulley serta berat dan karakter material yang akan diangkut.

Belt conveyor memiliki karakteristik tertentu pada proses pemindahan bahan, yaitu :

  1. Dapat digunakan dalam posisi horisontal atau diagonal dengan sudut yang maksimum.
  2. Sabuk dari belt conveyor ini disanggah menggunakan plat roller yang berfungsi untuk membawa bahan.
  3. Kapasitas pengangkutan belt conveyor tinggi serta dapat diatur.
  4. Dapat digunakan pada berbagai jenis pekerjaan pengangkutan unit.
  5. Laju pemindahan bahan bisa mencapai 600 ft/m.
  6. Perawatan mudah sehingga menghemat banyak waktu saat proses pemerikasaan dan pembersihan.
Skema sederhana belt conveyor. Sumber: https://www.911metallurgist.com/equipment/belt-conveyors/

Screw Conveyor. Conveyor yang menggunakan poros ulir heliks berputar, dipasang pada poros tengah yang digerakkan menggunakan motor listrik. Ulir/sekrup ini berputar di dalam tabung yang dilengkapi dengan mekanisme pengumpan di salah satu ujungnya. Bahan yang akan diangkut dimasukkan ke ujung umpan perangkat dan diangkut ke ujung pembuangan dengan perpindahan putaran seperti putaran ulir.

Panjang konveyor sekrup biasanya dibatasi kurang dari sekitar 150 kaki. Ketika jarak pengangkutan lebih besar dari ini, sabuk atau jenis mesin lain harus dipilih. Batasan panjangnya disebabkan oleh kekuatan struktural poros, kopling, dan torsi maksimum yang diijinkan.

Skema screw conveyor. Sumber: https://www.conveying-equipment.com/product/Inclinedscrewconveyor.html

Bucket elevator. Pada umumnya, elevator ini berguna mengangkut berbagai macam material
berbentuk serbuk, butiran-butiran kecil dan bongkahan. Contoh material adalah semen, pasir, batubara, tepung dan lain sebagainya. Alat ini dapat digunakan untuk menaikkan bahan dengan ketinggian 50 meter, kapasitasnya dapat mencapai 50 m3/jam, dan konstruksinya bisa dengan posisi vertikal atau diagonal.

Bahan dimasukkan ke dalam bucket (ember) dari saluran masuk. Bucket dirancang untuk pembuangan yang lembut. Bucket dikaitkan dengan sabuk atau rantai dengan jarak tertentu yang berputar pada pulley sehingga bucket dapat bergerak secara vertikal atau diagonal.

Komponen-komponen utama dari bucket elevator yaitu: bucket, motor listrik, pulley, rantai atau sabuk pemutar, saluran output dan input, dan kerangka struktur elevator.

Contoh bucket elevator. Sumber: https://media.neliti.com/media/publications/142773-ID-rancang-bangun-bucket-elevator-pengangka.pdf

Kebanyakan jenis konveyor dan elevator dari beberapa pabrikan dirancang berdasarkan standar kekokohan masing-masing pabrikan termasuk bahan konstruksi, detail mekanis, kinerja, dan harga. Perbedaan ini terjadi karena perbedaan penggunaan di pabrik. Oleh karena itu, pemilihan konveyor dan elevator biasanya harus dibuat dari katalog pabrikan dengan saran dari pabrikan.

>>KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL TENTANG PERALATAN PROSES KIMIA LAINNYA!

Kontributor: Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

aeroengineering services merupakan layanan dibawah CV. Markom dengan solusi terutama CFD/FEA.

Sumber:

M. Walas, Stanley. 1990. Chemical Process Equipment: Selection and Design. Kansas: Butterworth-Heinemann.

https://www.911metallurgist.com/equipment/belt-conveyors/ (diakses pada tanggal 20 Mei 2021)

https://www.conveying-equipment.com/product/Inclinedscrewconveyor.html (diakses pada tanggal 20 Mei 2021)

https://media.neliti.com/media/publications/142773-ID-rancang-bangun-bucket-elevator-pengangka.pdf (diakses pada tanggal 20 Mei 2021)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments