Suspensi solid (padatan) pada sistem mixer

Suspensi padatan didefinisikan sebagai sejumlah partikel bubur padat yang terkandung dalam cairan. Biasanya berkaitan dengan sistem di mana padatan akan mengendap di dasar bejana jika tidak ada proses pengadukan yang diberikan. Suspensi juga merupakan salah satu nama kimia untuk kondisi kombinasi sebagian tipe zat. Yang diartikan suspensi merupakan kombinasi bermacam tipe zat yang heterogen, seperti kopi dengan air.

Kategori Suspensi Padatan

Kategori suspensi on-bottom, off-bottom, full-suspension. Sumber: https://dynamixinc.com/solids-suspension/

On-Bottom Suspension: Ketika tingkat pemompaan mencapai 2x laju pengendapan, pemompaan mengangkat padatan dari dasar tangki dan mencegah bed dari partikulat yang terkumpul di bagian bawah tangki. Ini sangat ideal ketika memompa bahan slurry keluar tanpa memehartikan konsistensi.

Moderate uniformity: Ketika tingkat pemompaan mencapai 3x tingkat pengendapan, proses ini akan menghasilkan keseragaman produk moderat yang cocok untuk sebagian besar aplikasi.

Top Draw-Off: Saat tingkat pemompaan mencapai 6x kecepatan pengendapan, proses ini akan mengaktifkan seluruh tangki dan memungkinkan penarikan atas yang konsisten. Ini sangat ideal dalam aplikasi di mana produk diambil dari atas tangki atau dalam aplikasi luapan.

Tingkat suspensi, atau kualitas suspensi, yang diperlukan dalam suatu aplikasi umumnya ditentukan oleh seberapa seragam produk yang dibutuhkan. Kualitas suspensi dicapai dengan menggunakan tingkat pemompaan yang diperlukan. Semakin tinggi pemompaan, semakin tinggi intensitas pencampuran, yang biasanya dikategorikan ringan, sedang, dan kuat. Saat tingkat pemompaan meningkat, tingkat keseragaman juga meningkat.

Desain impeller yang tepat sangat penting untuk mencapai dan mempertahankan kualitas aplikasi. Impeler yang menciptakan aliran aksial memberikan kecepatan superfisial dan tindakan pemompaan ke atas yang diperlukan untuk memastikan bahwa padatan tetap tersuspensi. Laju aliran dalam tangki harus lebih besar daripada laju pengendapan padat. Dan tingkat kecepatan superfisial yang dicapai akan menentukan kualitas suspensi yang dibuat di dalam tangki.

>>KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL TENTANG PERALATAN PROSES KIMIA LAINNYA!

Kontributor: Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

aeroengineering services merupakan layanan dibawah CV. Markom dengan solusi terutama CFD/FEA.

Sumber:

M. Walas, Stanley. 1990. Chemical Process Equipment: Selection and Design. Kansas: Butterworth-Heinemann.

https://dynamixinc.com/solids-suspension/ (diakses pada tanggal 17 Juni 2021)

https://mixing.seprosystems.com/mixing-fundamentals-solids-suspension/ (diakses pada tanggal 17 Juni 2021)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments