komponen internal pressure vessel

Umumnya, pressure vessel memiliki bagian dalam untuk memproses fluida kerja yang melewatinya. Tergantung pada tujuan bejana, jumlah dan konfigurasi internal akan bervariasi.

Di bawah ini adalah beberapa contoh komponen internal pada pressure vessel:

Mixer

Operasi mixing banyak dijumpai di industri kimia, minyak, oil & gaspulp & paper, dan di industri fermentasi. Mixing disebut dengan “core process”, karena keberhasilan proses keseluruhan tergantung pada proses mixing yang efektif antara fluida-fluida yang terlibat. Industri-industri tersebut menggunakan pressure vessel berimpeller (mixing tank) untuk menahan tekanan bahan dan mengaduk bahan supaya seragam.

Parameter penting dalam mendesain mixer adalah: Sudut poros, waktu operasi, diameter dan tipe impeller, RPM, Daya listrik, viskositas fluida kerja.

Contoh desain mixer. Sumber: Buku Pressure Vessel Design Manual (2013).

Tray

Komponen tray sering digunakan pada pressure vessel jenis menara distilasi. Menara ini digunakan untuk membersihkan aliran gas yang terkontaminasi oleh partikulat dan gas beracun terlarut. Desainnya yang unik memungkinkan menara ini menangkap partikulat >2 mikron serta gas terlarut dengan efisiensi penghilangan yang tinggi.

Tray harus dirancang dengan tepat agar posisi cairan di setiap tray berada pada ketinggian yang cukup. Dengan demikian, untuk melewati cairan tersebut, gelembung-gelembung gas akan membutuhkan waktu relatif lama hingga memungkinkan dicapainya keseimbangan.

Kecepatan aliran uap/gas juga akan berpengaruh terhadap keberhasilan proses pemisahan. Jika kecepatan gas terlalu rendah, maka gelembung-gelembung gas akan mengembang, sehingga luas permukaan bidang kontak tiap satuan volume menjadi kecil. Hal tersebut akan mempengaruhi efisiensi pemisahan. Sebaliknya, gas dengan kecepatan tinggi cenderung akan terdispersi lebih sempurna sehingga efisiensi pemisahan meningkat. Namun, aliran gas dengan kecepatan tertentu akan membawa percikan cairan masuk kedalam tray yang ada di atasnya.

Skema tray pada distilasi. Sumber: https://www.ergapc.co.uk/tray-towers/

Demister

Bantalan demister atau penghilang kabut adalah komponen internal yang penting dalam bejana proses. Jika diinginkan untuk memisahkan cairan dan uap, atau mencegah sisa cairan dalam aliran uap, kecepatan harus dijaga cukup rendah untuk memungkinkan cairan tetesan jatuh dari aliran uap. Bantalan demister adalah pemisah efektif yang memungkinkan operasi pada kecepatan uap yang seharusnya berlebihan. Bantalan demister dapat digunakan secara vertikal atau horizontal pada bejana. Orientasi bantalan dapat berupa vertikal atau horizontal dalam bejana vertikal atau horizontal. Sebuah demister wire mesh terdiri dari anyaman kawat rajutan dipasang pada kisi penyangga yang ringan. Jaring dibuat dengan menenun kawat logam berdiameter kecil menjadi jaring. Bantalan dapat terbuat dari logam atau plastik. Jenis logam yang biasa dipakai adalah baja karbon, stainless steel, monel dan lain-lain. Bahan plastik biasanya terbuat dari PTFE, HDPE dan PP.

Demister pada vessel vertikal dan horizontal. Sumber: Buku Pressure Vessel Design Manual (2013).

Baffles

Baffle sering digunakan dalam pressure vessel, baik vertikal atau horizontal, untuk membagi volume interior menjadi kompartemen yang berbeda. Kompartemen ini mungkin digunakan untuk memisahkan cairan atau menyediakan bendungan pelimpah untuk pemisahan cairan. Baffle mungkin menjadi kaku atau tidak kaku. Ketika dilas di seluruh pada penampang bejana, baffle harus diperiksa agar tidak terlalu membatasi ekspansi diameter bejana. Jika ekspansi radial tak terkendali dari bejana melebihi baffle lebih dari 1=16 in. (⅛ in. pada diameter), maka jenis koneksi “fleksibel” antara cangkang dan baffle harus digunakan.

Desain Baffle. Sumber: Buku Pressure Vessel Design Manual (2013).

Pipa Internal

Distributor pipa internal sering digunakan untuk umpan atau saluran masuk refluks untuk kolom atau tray tower (fraksinasi atau kolom distilasi). Pipa ini digunakan untuk mendistribusikan inlet ke titik tertentu pada tray atau secara merata di seluruh sebuah tray. Distributor terdiri dari satu atau lebih pipa, dengan: atau tanpa cabang, berisi serangkaian lubang, slot atau semprotan nozel.

Desain Internal Pipe. Sumber: Buku Pressure Vessel Design Manual (2013).

PT Tensor memberikan jasa konsultasi Finite Element Analysis (FEA) dan Computational Fluid Dynamics (CFD) untuk desain engineering. Kami juga memberikan tutorial-tutorial gratis penggunaan software nya di kanal youtube kami. Hubungi kami sekarang juga!

>> KLIK DI SINI UNTUK JASA KONSULTASI

>> YOUTUBE PT TENSOR

>> KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL LAINNYA !

Kontributor: Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

Sumber:

Moss, Dennis dan Michael Basic. 2013. Pressure Vessel Design Manual: Fourth Edition. Oxford: Butterworth-Heinemann.

https://www.ergapc.co.uk/tray-towers/ (diakses pada tanggal 12 Oktober 2021)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments