turbin angin secara umum

Penggunaan angin sebagai sumber energi telah digunakan selama ratusan tahun untuk memompa air atau menggiling jagung, peralatan ini disebut juga dengan istilah windmill. Pada abad ke 19, bahan bakar fosil menggantikan penggunaan windmill yang besar, berat yang tidak efisien tersebut. Kemudian, pengetahuan tentang aerodinamika dan material yang ringan telah membawa kembali teknologi turbin angin pada sekitar abad ke 20.

Teknologi turbin angin menawarkan sumber energi terbarukan alternatif yang hemat biaya. Penting untuk disebutkan bahwa turbin angin mampu menghasilkan energi listrik lebih besar tanpa efek rumah kaca dibandingkan dengan energi lainnya seperti sel surya, gelombang pasang, biofuel, hidrogen, biodiesel, dan teknologi biomassa.

Prinsip Kerja Turbin Angin

Operasi turbin angin didasarkan pada teori dari mekanika fluida dan beberapa elemen dari aerodinamika. Turbin angin modern menangkap angin dengan berputar ke dalam atau menjauh dari aliran udara. Angin menggerakkan propeller (baling-baling) yang terpasang pada rotor dan pergerakan propeller berkecepatan tinggi ditransmisikan ke poros yang tercouple dengan generator. Arus udara meniup medan datar atau daerah di atas bukit memiliki kecepatan mulai dari 10 ke 65 mil per jam dan adalah cukup untuk menggerakan blade (bilah) besar yang terpasang pada poros turbin. Parameter bilah rotor seperti sebagai chord, sudut putar, dan panjang adalah parameter penting untuk mengoptimalkan keaerodinamisan.

Konfigurasi turbin angin dan skema aliran udara pada dataran dan bukit

Komponen Turbin Angin

Komponen penting dari angin turbin adalah menara, bilah rotor, anemometer, pengontrol, penutup utama, roda gigi kotak, poros kecepatan rendah, poros kecepatan tinggi, mekanisme rem, generator listrik, bantalan, yaw motor, penggerak yaw, indikator pitch, indikator angin, dan nacelle dan lowloss kabel yang membawa energi listrik turun ke menara. Transformator step-up pada dasar menara memungkinkan transfer listrik yang dihasilkan angin ke alat pemanfaatan jaringan listrik. Angin menggerakkan baling-baling yang memutar poros kecepatan rendah dan poros berkecepatan tinggi. Poros berkecepatan tinggi terhubung ke generator yang mampu menghasilkan energi listrik.

Komponen turbin angin

Anemometer adalah elemen penting dari turbin angin. Alat ini mengukur kecepatan angin dan arah dan mengirimkan informasi ke pengontrol yang pada gilirannya memberikan data yang diperlukan untuk elemen penting dari sistem. Pengontrol pada dasarnya mengarahkan motor yaw untuk memutar rotor menghadap atau menjauhi angin, tergantung pada arah angin. Gear box, elemen terberat dari sistem, mengubah rotasi lambat (putaran per menit atau RPM) dari poros rotor kecepatan rendah ke RPM yang lebih tinggi dari poros berkecepatan tinggi yang secara mekanis digabungkan ke generator yang menghasilkan listrik. Singkatnya, poros berkecepatan tinggi menggerakkan generator yang mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Tepat di belakang hub adalah housing untuk gearbox dan komponen lainnya.

Komponen Elektrik

Turbin angin umumnya berbentuk kit, lengkap dengan baling-baling, generator, inverter, generator angin magnet, pengontrol beban listrik, dll. Komponen penting yang digunakan oleh turbin angin adalah baterai dari supplier pasokan tenaga angin. Komponen termasuk generator angin, generator magnet yang terbuat dari neodymium , keramik, samarium-kobalt, dan aluminium-nikel-kobalt; bilah generator angin; menara; panel surya untuk hibrida sistem; inverter; housing kit turbin ; pengontrol muatan; pompa air angin-solar; dan turbin angin kecil 1-kW, 48-V.

PT Tensor memberikan jasa konsultasi Finite Element Analysis (FEA) dan Computational Fluid Dynamics (CFD) untuk desain engineering. Kami juga memberikan tutorial-tutorial gratis penggunaan software nya di kanal youtube kami. Hubungi kami sekarang juga!

>> KLIK DI SINI UNTUK JASA KONSULTASI

>> YOUTUBE PT TENSOR

>> KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL LAINNYA !

Kontributor: Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

Sumber:

Jha, A.R. 2011. Wind Turbine Technology. Florida: CRC Press Taylor & Francis Group.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments