rencana pengoperasian pembangkit listrik tenaga air

Pembangkit listrik tenaga air memiliki jangkauan pembangkit listrik yang luas dan pengoperasian pembangkit yang baik sangat penting untuk meraih output maksimum dengan biaya operasi minimum. Artikel ini bertujuan untuk mencakup tinjauan semua aspek operasi pembangkit listrik tenaga air mempertimbangkan semua komponen dan parameter yang mempengaruhi operasi.

Pengoperasian sistem kelistrikan yang besar dan kompleks memerlukan kajian yang cermat dan perencanaan yang berkesinambungan. Insinyur pembangkit harus merencanakan ke depan untuk memperhitungkan faktor-faktor variabel yang dapat mempengaruhi pasokan listrik dari jam ke jam, sehari-hari dan berjangka panjang.

Perencanaan operasi umumnya terdiri dari:

  • Keselamatan operasional (safety)
  • Kewajiban hukum dan sosial (legal and social)
  • Permintaan daya saat ini dan masa depan (power demand)
  • Memaksimalkan nilai sumber daya (maximizing value of resources)

Keselamatan Operasional

Keselamatan operasional adalah upaya meniadakan risiko jika terjadi kegagalan agar proses industri menjadi andal. Keandalan proses industri diperlukan untuk menjaga biaya turun. Keamanan sangat penting dalam proses industri, karena jika gagal, tidak hanya biaya yang dikeluarkan lebih banyak, tetapi juga membahayakan manusia dan lingkungan.

Keselamatan operasional terdiri dari empat unsur utama:

  • Analisis risiko: melibatkan pengembangan pemahaman tentang risiko. Analisis risiko memberikan masukan untuk evaluasi dan keputusan tentang apakah risiko perlu ditangani, strategi penanganan dan metode perawatan.
  • Keamanan fungsional: bagian dari keamanan keseluruhan, berdasarkan sistem, yang tergantung pada ketepatan fungsi sistem terkait keselamatan dan pengurangan risiko perangkat eksternal.
  • Pemakaian Alat Bantu Keselamatan: Perangkat keselamatan harus digunakan untuk melindungi orang dan lingkungan. Meskipun desain alat sudah aman ,risiko bahaya tetap ada. Tindakan perlindungan komplementer yang melibatkan peralatan tambahan (misalnya, emergency stop button) mungkin harus diterapkan.
  • Pemberian panduan pengoperasian: Tidak mungkin meminimalkan risiko sepenuhnya. Dalam banyak kasus, risiko residual tetap ada. Operator harus diberitahu tentang risiko yang tersisa. Ini adalah fungsi penting dari panduan/instruksi. Risiko residual harus dijelaskan dan arahan operasi harus ditentukan. Tanpa panduan pengoperasian, operator tidak akan dapat mengoperasikan pembangkit listrik tenaga air dengan risiko yang dapat diterima.

Kewajiban Hukum dan Sosial

Selama seratus tahun terakhir, seperangkat undang-undang, perjanjian, dan kesepakatan yang kompleks diberlakukan untuk memandu operasi proyek pembangkit listrik tenaga air. Insinyur pembangkit yang bertanggung jawab untuk melaksanakan undang-undang, perjanjian, dan perjanjian ini tidak hanya mencakup pemilik proyek pembangkit listrik tenaga air, tetapi juga lembaga federal, negara bagian, lokal, dan agensi.

Untuk memahami struktur peraturan, akan sangat membantu untuk mengikuti dua jalur aktivitas. Satu jalur berkaitan dengan pengembangan dan regulasi utilitas publik dan swasta. Organisasi yang sekarang disebut sebagai Federal Energy and Regulatory Commission (FERC) dimulai dengan Federal Power Act tahun 1930. Dengan membentuk komisi yang dapat memilih untuk mengeluarkan atau tidak mengeluarkan lisensi untuk membangun dan mengoperasikan proyek, negara-negara mulai mengatur bagaimana tenaga air dapat diintegrasikan dengan baik ke dalam pengembangan saluran air umum yang komprehensif.

Permintaan Daya Masa Kini dan Masa Depan

Memasuki abad kedua puluh satu, kemakmuran ekonomi global mendorong konsumsi energi ke tingkat tertinggi, dengan konsumsi listrik diantisipasi untuk meningkat pada tingkat yang lebih cepat daripada pasokan energi secara keseluruhan. Sebagian besar (80 persen) energi saat ini disediakan dari sumber panas, yaitu batu bara, gas dan minyak. Ada kekhawatiran global yang berkembang mengenai kurangnya energi terbarukan dalam pemanfaatan energi jangka panjang.

Pada tahun 2050, populasi dunia diperkirakan akan meningkat sebesar 50 persen, dari 6 menjadi 9 miliar. Konsumsi enrgi per penduduk per tahun umumnya berkorelasi dengan standar hidup penduduk, yang merupakan ciri kesejahteraan dari segi ekonomi, sosial dan budaya. Negara berkembang di dunia, dengan 2,2 miliar penduduk, memiliki konsumsi per kapita tahunan sebesar 20 kali lebih kecil dari negara-negara industri (dengan 1,3 miliar penduduk), dan konsumsi listrik per kapita yang 35 kali lebih sedikit.

Saat ini pembangkit listrik tenaga air memasok sekitar 20 persen listrik dunia. Suplai tenaga air lebih dari 50 persen listrik nasional di sekitar 65 negara, lebih dari 80 persen di 32 negara dan hampir semua listrik di 13 negara.Sejumlah negara, seperti China India, Iran dan Turki, sedang melakukan proyek pembangunan pembangkit skala besar , dan ada proyek yang sedang dibangun di sekitar 80 negara.

Pemaksimalan Nilai Sumber Daya

Air adalah sumber daya terbarukan, fleksibel, besar. Operator dan pabrikan memiliki prosedur yang mapan untuk sumber daya ini untuk berpartisipasi ke pasar energi. Masih ada pekerjaan yang harus dilakukan jika tenaga air ingin menyediakan layanan secara kompetitif dan efisien untuk memasok energi di masa depan.

Kiat-kiat memaksimalkan nilai sumber daya air:

  • Optimalisasi kerja pompa air
  • Upgrade peralatan tambahan seperti pipa
  • Pemaksimalan peralatan transmisi daya seperti turbin dan generator.

PT Tensor memberikan jasa konsultasi Finite Element Analysis (FEA) dan Computational Fluid Dynamics (CFD) untuk desain engineering. Kami juga memberikan tutorial-tutorial gratis penggunaan software nya di kanal youtube kami. Hubungi kami sekarang juga!

>> KLIK DI SINI UNTUK JASA KONSULTASI

>> YOUTUBE PT TENSOR

>> KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL LAINNYA !

Kontributor: Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

Sumber:

Gulliver, John S dan Roger E. A. Arndt. 1991. Hydropower Engineering Handbook. Amerika Serikat: Mc-Graw Hill, Inc.

https://zt-hirtenlehner.at/wp-content/uploads/2018/08/plant_process_safety.pdf (diakses pada tanggal 22 November 2021)

https://www.brattle.com/insights-events/publications/maximizing-hydropowers-value-in-wholesale-electricity-markets-brattle-consultants-author-whitepaper-for-national-hydropower-association/ https://zt-hirtenlehner.at/wp-content/uploads/2018/08/plant_process_safety.pdf (diakses pada tanggal 22 November 2021)

https://www.ieahydro.org/media/ffab53b0/Hydropower%20and%20the%20World’s%20Energy%20Future%20.pdf https://zt-hirtenlehner.at/wp-content/uploads/2018/08/plant_process_safety.pdf (diakses pada tanggal 22 November 2021)

https://www.bchydro.com/toolbar/about/planning-for-our-future/operations-planning.html https://zt-hirtenlehner.at/wp-content/uploads/2018/08/plant_process_safety.pdf (diakses pada tanggal 22 November 2021)

https://fwee.org/nw-hydro-tours/how-the-northwest-hydro-system-works/how-hydroelectric-projects-are-regulated/ https://zt-hirtenlehner.at/wp-content/uploads/2018/08/plant_process_safety.pdf (diakses pada tanggal 22 November 2021)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments