threaded fastener

Pengikat Berulir (Threaded Fastener) Pada Elemen Mesin

Fastener (pengikat) adalah perangkat yang menahan dua atau lebih benda bersama-sama. Fastener bisa berupa baut dan mur, sekrup, paku keling, atau bahkan staples. Namun, sebagian besar pengencang digunakan dalam industri adalah pengencang berulir. Pengencang tersebut digunakan untuk menggabungkan elemen individu dengan cara yang aman dan murah yang dapat dirakit dan dibongkar sesering yang diperlukan.

Pengikat berulir (misalnya, baut/sekrup) adalah pengencang yang sebagian memiliki beberapa bentuk dari ulir sekrup. Baut/sekrup terdiri dari shank dan kepala. Batangnya berulir, baik untuk sebagian dari panjangnya atau untuk panjang penuh dari ujung ke kepala. Baut yang lebih panjang adalah biasanya hanya berulir sebagian. Tidak perlu membuat ulir lebih lama dari yang diperlukan karena ini hanya akan membuat baut lebih mahal. Gambar berikut menunjukkan nomenklatur pengencang berulir.

threaded fastener
Nomenklatur Threaded Fasterners. Sumber: https://practicalmaintenance.net/wp-content/uploads/Fundamentals-of-Threaded-Fasteners.pdf

Jenis Kepala Baut

Standard Hexagon-head Bolt

Hexagonal-head bolt

Gambar di atas adalah gambar baut kepala segi enam (hexagon-head) standar. Titik konsentrasi tegangan berada di fillet, di awal ulir (runout), dan di akar ulir fillet di dalam bidang mur jika ada. Diameter muka washer sama dengan lebar di seluruh bidang segi enam. Panjang ulir baut seri inci, di mana d adalah diameter nominal, adalah

nominal diameter
Rumus Panjang Ulir

Dimensi dihitung dalam milimeter. Panjang baut yang ideal adalah yang hanya satu atau dua ulir menonjol dari mur setelah dikencangkan. Lubang baut mungkin memiliki gerinda atau tepi tajam setelah pengeboran. Hal ini bisa menggigit fillet dan meningkatkan konsentrasi tegangan. Karena itu, washer harus selalu digunakan di bawah kepala baut untuk mencegah ini. Bahannya harus dari baja hardened (yang dikeraskan) dan dimuat ke baut sehingga tepian bulat dari lubang yang dicap bertemu washer dari baut. Terkadang itu perlu menggunakan washer di bawah mur juga.

tabel-dimensi-baut-hexagonal-dan-persegi
tabel dimensi baut hexagonal dan persegi

Socket Head Cap Screw

Socket Head Cap-screw :
(a) fillister head; (b) flat head;
(c) hexagonal socket head.

Machine Screw

Macam-macam Machine Screw

Desain screw dengan FEA

umum digunakan untuk melakukan analisis baik untuk menghitung tegangan, defleksi, fatigue, atau mungkin tegangan kontak pada screw adalah menggunakan Finite Element Analysis (FEA). MSC Nastran adalah software FEA original pertama di dunia yang banyak sekali digunakan di berbagai industri, salah satunya untuk mendesain screw. Pelajari selengkapnya tentang MSC Nastran.

PT Tensor memberikan jasa konsultasi Finite Element Analysis (FEA) dan Computational Fluid Dynamics (CFD) untuk desain engineering. Kami juga memberikan tutorial-tutorial gratis penggunaan software nya di kanal youtube kami. Hubungi kami sekarang juga!

>> KLIK DI SINI UNTUK JASA KONSULTASI

>> YOUTUBE PT TENSOR

>> KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL LAINNYA !

Kontributor : Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

Sumber:

Budynas, Richard G dan J. Keith Nisbett. 2011. Shigley’s Mechanical Engineering Design: Ninth Edition. Amerika Serikat: The McGraw-Hill Companies, Inc.

https://practicalmaintenance.net/wp-content/uploads/Fundamentals-of-Threaded-Fasteners.pdf (diakses pada tanggal 7 Desember 2021)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments