Jenis Pegas Lain-lain

Umumnya bentuk pegas berbentuk kumparan heliks. Ternyata di industri ada beberapa pegas berbentuk khusus yang dipakai. Pada artikel ini, kami akan membahas pegas-pegas berbentuk khusus.

Pegas ekstensi (extension spring) yang ditunjukkan pada gambar 1 terbuat dari lembaran baja yang sedikit melengkung sehingga gaya yang dibutuhkan untuk menggulungnya tetap konstan; gaya tersebut adalah gaya konstan pegas. Gaya ini setara dengan laju pegas nol. Pegas seperti itu juga dapat diproduksi memiliki laju pegas positif atau negatif.

Pegas volute, ditunjukkan pada gambar 2 adalah lembaran lebar, tipis, atau “datar,” dari bahan lilitan di atas bidang datar sehingga kumparananya pas di dalam satu sama lain. Karena kumparan tidak bertumpuk, tinggi pegas adalah lebar lembaran. Skala variabel pegas di sebuah pegas kompresi volute, diperoleh dengan membiarkan kumparan bersentuhan dengan penyangga. Jadi, saat defleksi meningkat, jumlah kumparan aktif berkurang. Pegas volute memiliki keuntungan penting lainnya yang tidak dapat diperoleh dengan pegas kawat bulat. Jika kumparan dililitkan sehingga untuk kontak atau geser pada satu sama lain selama tindakan, gesekan geser akan berfungsi untuk meredam getaran atau gangguan sementara lain yang tidak diinginkan.

Pegas kerucut, sesuai dengan namanya, adalah pegas koil yang dililit berbentuk kerucut (gambar 3). Kebanyakan pegas berbentuk kerucut adalah pegas tekan dan dililit dengan kawat bulat. Tetapi pegas volute juga merupakan pegas berbentuk kerucut. Mungkin keutamaan keuntungan dari pegas jenis ini adalah dapat dililitkan sehingga tinggi pegas padatnya adalah hanya satu diameter kawat.

Batang datar digunakan untuk berbagai macam pegas, seperti pegas jam, power spring, pegas puntir, pegas kantilever, dan pegas rambut yang sering dibentuk untuk membuat aksi pegas tertentu untuk klip sekering, pegas relai, ring pegas, snap ring, dan retainer.

Dalam merancang banyak pegas dari bahan batang atau lembaran, desainer harus memproporsikan material sehingga memperoleh tegangan konstan di seluruh bahan pegas. Pegas kantilever berpenampang seragam memiliki tegangan sebesar

σ = M / (I/c) = Fx/ (I/c)

Gambar 1. Extension Spring
Gambar 2. Volute Spring
Gambar 3. Conical Spring

PT Tensor memberikan jasa konsultasi Finite Element Analysis (FEA) dan Computational Fluid Dynamics (CFD) untuk desain engineering. Kami juga memberikan tutorial-tutorial gratis penggunaan software nya di kanal youtube kami. Hubungi kami sekarang juga!

>> KLIK DI SINI UNTUK JASA KONSULTASI

>> YOUTUBE PT TENSOR

>> KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL LAINNYA !

Kontributor : Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

Sumber:

Budynas, Richard G dan J. Keith Nisbett. 2011. Shigley’s Mechanical Engineering Design: Ninth Edition. Amerika Serikat: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments