Compound Parabolic Concentrator

Compound Parabolic Concentrator (CPC) adalah jenis kolektor surya khusus yang dibuat dalam bentuk dua pertemuan parabola. CPC memiliki kemampuan untuk memantulkan ke penyerap semua radiasi yang datang dalam batas yang lebar.

Compound Parabolic Concentrator dapat menerima radiasi yang masuk melalui rentang sudut yang relatif luas. Dengan menggunakan beberapa refleksi internal, radiasi apapun memasuki bukaan dalam sudut penerimaan kolektor menemukan jalannya ke permukaan penyerap terletak di bagian bawah kolektor. Penyerap atau absorber memiliki varietas konfigurasi. Bisa jadi flat, bifacial, baji/wedge, atau tube/silinder.

Gambar 1. Variasi konfigurasi absorber

Dua tipe dasar kolektor CPC telah dirancang simetris dan asimetris. CPC biasanya mempekerjakan dua jenis utama absorber yaitu jenis fin dengan pipa dan berbentuk tabung absorber. Jenis fin bisa flat, bifacial, atau baji, seperti yang ditunjukkan di gambar 1 untuk tipe simetris, dan dapat berupa single channel atau multichannel.

Compound Parabolic Concentrator harus memiliki celah antara penerima dan reflektor untuk mencegah reflektor bertindak sebagai sirip yang menghantarkan panas dari penyerap. Karena celah tersebut mengakibatkan hilangnya area reflektor dan kehilangan kinerja, celah harus dijaga tetap kecil. Hal ini lebih penting untuk di penerima datar.

Gambar 2. Skema CPC
Gambar 3. Foto CPC

Untuk aplikasi bersuhu lebih tinggi, CPC jenis pelacak dapat digunakan. Ketika pelacakan digunakan, pelacakan sangat kasar atau terputus-putus, karena rasio konsentrasi biasanya kecil dan radiasi dapat dikumpulkan dan dikonsentrasikan oleh satu atau lebih refleksi pada permukaan parabola.

CPC dapat diproduksi baik satu unit dengan satu bukaan dan satu penerima atau sebagai panel. Ketika dibangun sebagai panel, kolektor terlihat seperti kolektor di pelat.

>> KLIK DI SINI UNTUK JASA KONSULTASI

>> YOUTUBE PT TENSOR

>> KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL LAINNYA !

Kontributor : Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

Sumber:

Kalogirou, Soteris A. 2009. Solar Energy Engineering: Processes and Systems. Amerika Serikat: Elsevier.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments