Dumper adalah kendaraan yang dirancang untuk membawa material curah. Dumper dibedakan dari dump truck berdasarkan konfigurasi: dumper adalah biasanya kendaraan roda 4 terbuka dengan muatan lewat di depan pengemudi, sedangkan truk sampah memiliki kabinnya di depan muatan. Skip bisa memberi tip untuk membuang beban; dari sinilah nama “dumper” berasal. Mereka biasanya bertenaga diesel. Sebuah mata penarik dipasang untuk penggunaan sekunder sebagai traktor situs. Dumper dengan track karet digunakan dalam keadaan khusus dan populer di beberapa negara. Dumper awal memiliki muatan sebesar sekitar satu ton dan merupakan penggerak 2 roda, mengemudi di as roda depan dan dikemudikan di roda belakang. Mesin diesel silinder tunggal (terkadang dibuat oleh Lister) dimulai dengan engkol tangan. Roda kemudi memutar roda belakang, bukan depan. Tidak memiliki listrik atau hidrolika tidak banyak yang salah. Lompatan diamankan dengan tangkapan di kaki pengemudi. Saat tangkapan dilepaskan, lewati tip di bawah berat isinya pada titik pivot di bawah, dan setelah dikosongkan diangkat dengan tangan. Dumper modern memiliki muatan hingga 10.000kg dan biasanya mengarahkan dengan mengartikulasikan di tengah sasis.

Credit: US Navy

Dump truck biasanya diisi dengan tanah, pasir atau mineral oleh mesin lain yang kemudian mengangkut dan membuang muatannya di lokasi tertentu. Dengan demikian, fitur utama dump truck adalah kotak pembuangan yang ditenagai oleh hidrolika, yang memungkinkan operator mengangkat dan memiringkan muatan. Dalam istilah awam, sistem hydraulic hoist digunakan untuk mengangkat dump box saat perlu dikosongkan.

Jenis Dump Truck

Articulated Dump Trucks: Articulated Dump Trucks sangat produktif di industri sipil dan pertambangan. Articulated dump truck adalah dump truck tugas berat berukuran besar yang digunakan off-road untuk mengangkut muatan curah melintasi medan yang berat. Moxy Engineering adalah produsen dump truck artikulasi yang populer, seiring berjalannya waktu, banyak industri pemindahan tanah yang menggunakan istilah umum ‘truk Moxy’ untuk mendeskripsikan truk dump artikulasi. Dump truck Moxy biasanya memiliki penggerak semua roda dan saat mengemudikan alat berat, operator akan memutar bagian kabin depan sehubungan dengan dump box belakang dengan menggunakan ram hidrolik. Hal ini memungkinkan rodanya mengikuti jalur yang sama dan menjadikan truk Moxy sebagai kendaraan off-road yang ideal. Articulated Dump Truck juga sangat baik untuk proyek-proyek besar dengan tingkat ruang terbatas, karena lingkaran beloknya yang lebih kecil. Jika Anda perlu mengangkut material curah dari A ke B untuk proyek subdivisi, sipil, atau pertambangan berikutnya, pertimbangkan salah satu dari banyak pemasok persewaan truk dump artikulasi iSeekplant. Ada berbagai pilihan dump truck artikulasi untuk disewa dari kapasitas 10 ton hingga 40+ ton.

Site Dumpers & Front Tippers: jika proyek Anda membutuhkan sesuatu yang lebih ringkas, dumper situs atau tipper depan mungkin merupakan taruhan terbaik Anda. Dengan pengemudi di bagian belakang alat berat yang dilindungi oleh roll-bar, kapasitas truk ini berkisar dari 1 ton hingga 10 ton, sekaligus aman dan kokoh di area kerja yang terbatas. Pembuang lokasi adalah alat berat ringkas praktis yang digunakan untuk pengangkutan muatan off road di lokasi dan tersedia untuk disewa dalam berbagai konfigurasi. Sebagai mesin pemindah tanah yang sangat serbaguna, site dumper direkayasa dengan tempat sampah putar 180° yang memungkinkan pengisian ulang yang tepat. Kemampuan tippers depan untuk berputar tajam dan berosilasi memungkinkan Anda masuk dan keluar dari area akses sempit apa pun pada pekerjaan Anda, tidak peduli seberapa berlumpur atau licin kondisinya. Untuk semua alasan ini, site dumper menjadi sangat populer di industri sipil dan bangunan.

Rigid Rear Dump Trucks: Salah satu jenis dump truck yang paling populer untuk disewa adalah truk dump belakang yang kaku, cocok untuk digunakan bersamaan dengan hydraulic excavator di pertambangan. Mesin ini hanya ditemukan dalam aplikasi penambangan dan penggalian dan bisa sangat besar. Truk pembuangan belakang yang kaku sangat cocok untuk penambangan off-road dan proyek pengangkutan tanah berat di mana Anda mungkin perlu menggali jalan dan membutuhkan truk untuk mengangkut kotoran dalam jumlah besar ke lokasi lain. Namun, truk pembuangan belakang kaku memiliki fleksibilitas terbatas, dan memerlukan pelatihan dan keterampilan yang signifikan untuk beroperasi mengingat kapasitasnya yang sangat besar.

Underground Dump Trucks: dirancang untuk produksi tinggi, pengangkutan biaya per ton rendah dalam aplikasi pertambangan bawah tanah dan membawa muatan dari 30 hingga 55t ke atas. Truk pembuangan bawah tanah dapat digunakan di pertambangan bawah tanah dan konstruksi terowongan hard-rock dan soft-rock. Operator yang bekerja pada proyek-proyek ini sering bekerja dengan jam kerja yang panjang. Akibatnya, pabrikan truk artikulasi bawah tanah menjadikan kenyamanan pengemudi sebagai prioritas utama (selain keselamatan – yang selalu menjadi faktor terpenting). Banyak dump truck bawah tanah modern kini dirancang secara ergonomis untuk kenyamanan, kontrol, produktivitas, dan untuk meminimalkan keletihan operator.

Prinsip Kerja Dump Truck

Sistem ini menggunakan penggunaan tautan berengsel ke bersama-sama dan silinder pneumatik terpasang ke engsel. Dengan demikian ketika silinder pneumatik bekerja arah depan, hubungan di membentang dan ketika dibuat untuk kembali, tautannya dilipat. Tuas katup solenoid mendapatkan udara dan melewatinya melalui silinder pneumatik tergantung pada arah tuas berubah. Kaitannya adalah yang menopang troli ke rangka dan mereka berengsel di tengah.

Dump truck biasanya dibuat untuk sejumlah kendaraan off-road atau lokasi konstruksi; karena pengemudi dilindungi oleh sasis dan ketinggian kursi pengemudi, bemper ditempatkan tinggi atau dihilangkan untuk menambah ground clearance. Kerugiannya adalah jika terjadi tabrakan dengan mobil standar, seluruh bagian motor atau kompartemen bagasi berada di bawah truk. Dengan demikian, penumpang di dalam mobil bisa terluka lebih parah daripada yang biasa terjadi saat bertabrakan dengan mobil lain. Beberapa negara telah membuat peraturan bahwa truk baru harus memiliki bemper kira-kira 40 cm (16 inci) di atas tanah untuk melindungi pengemudi lain. Ada juga aturan tentang berapa lama muatan atau konstruksi truk dapat melampaui bemper belakang untuk mencegah mobil yang berada di belakang truk masuk ke bawahnya.

Analisis Struktur Dump Truck

Karena mengalami pembebanan yang tinggi, dump truck harus dideasin secara proper untuk memastikan kekuatan dan rigiditas, serta umur ekspektasi penggunaanya yang dapat memenuhi kebutuhan di lapangan. Salah satu metode yang umum digunakan untuk mendesain dump truck adalah dengan Finite Element Analysis (FEA), yaitu metode komputasi untuk menghitung tegangan, deformasi, atau bahkan sisa umur fatigue nya.

Software standard industri yang digunakan untuk analisis ini adalah MSC Nastran dengan permodelan dan meshing menggunakan MSC Apex. Jika ingin lebih fokus ke fatigue, CAEFatigue dapat menjadi pilihan yang lebih tepat.

Analisis FEA Dump Truck menggunakan MSC Nastran

Kontributor: Daris Arsyada

Sumber:

V. Babu, K.S. Kumar. (2017). Design and Fabrication of Dump Truck Tilting System. International Journal of Pure and Applied Mathematics 116 Nomor 1: 327-334 .

https://www.cpi-nj.com/dump-truck-safety-system-design/?gclid=Cj0KCQjw7PCjBhDwARIsANo7CgnsU_eFIzD65ZfscA3L-pw91aJgwWI7hEolQlPJGw5f681u8wd2lDIaAsqpEALw_wcB (diakses pada tanggal 1 Juni 2023)