Tim PT Tensor telah memberikan jasa layanan konsultasi analisis HVAC dan noise sejak tahun 2013!

Dewasa ini, desain bangunan maupun fasilitas perusahaan semakin menantang. Mulai dari tata ruang minimalis sampai ruangan yang cukup luas serta kompleksitas layout ruangan dibarengi dengan tata ruang perabotan dan peralatan yang membuat karakteristik persebaran pendinginan baik pada ruangan maupun terhadap waktu sulit untuk diprediksi secara manual.

Kini telah hadir metode numerik yang sangat powerfull yang dapat membantu memodelkan kemudian mensimulasikan performa pendinginan, kecepatan angin, kelembapan serta parameter-parameter Heating Ventilation And Cooling (HVAC) lainya dengan fleksibilitas yang cukup tinggi misalkan untuk memvariasikan layout ruangan, tata letak perabotan maupun variasi lokasi pendingin serta input kecepatan maupun temperaturnya cukup dengan permodelan komputer dengan hasil yang cukup akurat serta cepat.

Permodelan dan simulasi HVAC secara numerik ini dilakukan menggunakan metode computational fluid dynamics (CFD) yaitu menggunakan permodelan komputer, sehingga sangat fleksibel untuk diubah-ubah parameternya serta bisa sangat detail dalam proses pengambilan datanya. Misalkan pada titik-titik lokasi tertentu kita dapat mengambil sample suhu serta kecepatan anginya pada waktu detik tertentu untuk simulasi transient.

Jasa meliputi:

  • Analisis distribusi temperatur dan aliran fluida dalam ruangan
  • Menentukan lokasi dead spot akibat aliran yang tidak efektif
  • Perhitungan kebutuhan daya pendinginan
  • Pemilihan layout bangunan berdasarkan performa HVAC
  • Pemilihan isolator kalor
  • Analisis distributor noise pada ruangan
  • Perhitungan intensitas suara dari sumber mesin atau fluida
  • Pemilihan peredam suara

Analisis ventilasi pada bangunan gereja

Analisis kenyamanan penghuni

Pengkondisian udara data center

Pengaruh radiasi matahari

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami terlebih dahulu untuk menentukan jasa yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.