Submersible Pump (pompa submersibel)

Tidak bisa dipungkiri air adalah salah satu kebutuhan vital bagi manusia. Salah satu cara manusia mendapatkan sumber air di dalam bumi adalah dengan menggunakan pompa untuk menarik air dalam bumi menuju permukaan. Pompa memiliki berbagai macam jenis. Di artikel ini kami akan membahas pompa submersible (submersible pump).

Pompa submersible adalah pompa sentrifugal yang dipasang ke motor listrik dan beroperasi di dalam air. Pompa ini memiliki serangkaian impeler yang tersusun seri ke atas permukaan. Pompa submersible terdiri dari pompa dan motor yang terendam penuh dalam reservoir yang diolah. Jenis pompa ini memiliki motor tertutup rapat yang dekat dengan bodi pompa. Serangkaian motor biasanya diisi dengan minyak untuk melindunginya dari kerusakan dengan mencegah masuknya cairan apapun yang bisa menyebabkan korsleting. Pompa submersible efisien pada kapasitas tinggi, membutuhkan sangat sedikit perawatan dan umumnya sangat ekonomis untuk sumur dengan kedalaman 80 kaki atau lebih.

Prinsip Kerja

Skema Submersible pump. Sumber: https://www1.agric.gov.ab.ca/ ; https://www.youtube.com/watch?v=H3XoNGtRTAg ; https://www.youtube.com/watch?v=L0Q6cboXyLY .

Setiap impeler dalam rangkaian memompa air di reservoir melalui diffuser ke mata impeler yang ada di atasnya. Gaya pemompaan ini menggunakan gaya sentrifugal seperti cara kerja pompa sentrifugal. Setiap impeler akan menambahkan sejumlah tekanan sesuai tipe pompa. Misalnya, pompa tipe 10-tahap akan menghasilkan tekanan sekitar 9 psi tiap impelernya. Jadi total tekanannya adalah 90 psi.

Kapasitas pompa ditentukan oleh lebarnya baling-baling impeler dan tekanannya dengan jumlah impeler. Sebagai contoh, pompa tipe 7 tahap-0.5 horsepower dapat mengalirkan air dengan volume tinggi tetapi tekanannya rendah, pompa 14-tahap-0.5 horsepower akan menghasilkan yang volume lebih rendah tekanan lebih besar. Seperti pompa sentrifugal, penambahan kedalaman sumur atau tekanan pada discharge akan mengurangi kapasitas.

Pemasangan Submersible Pump

Pemasangan pompa submersibel. Sumber: https://www1.agric.gov.ab.ca/

Ukuran dan jenis pipa yang digunakan untuk penginstalan pompa submersibel bergantung pada hal berikut:

  1. Kedalaman air dan tingkat pemompaan.
  2. Tekanan yang dihasilkan pompa.
  3. Kerugian gesekan yang diijinkan pada pipa.
  4. Berat pompa.

Kebanyakan pompa submersible dirancang untuk digunakan di dalam sumur dengan diameter dalam minimal 4 inci. Berhati-hatilah dalam memilih pompa submersible untuk sumur dan aplikasi tertentu. Pemilihan pompa harus didasarkan pada kapasitas pompa yang diinginkan. Jangan memasang pompa yang over-qualified pada sebuah sumur. Misalnya suatu sumur dapat dipompa dengan pompa berdebit 5 galon per menit, jangan memasang pompa berdebit 10 galon per menit. Sumur dan pompa keduanya bisa rusak dan umurnya cepat berkurang. Jika pompa mampu menghasilkan tekanan melebihi 80-100 psi, emergnecy valve diperlukan untuk berjaga-jaga jika sakelar tekanan gagal dalam posisi “on”.

Pompa celup harus dilindungi dari lonjakan daya atau sambaran petir. Pompa dengan motor 1 horsepower atau lebih jarang memiliki perlindungan bawaan, tetapi kondisi ini seharusnya diverifikasi dengan spesifikasi pemasok dan pabrikan. Sebagai alternatif, penangkal petir mungkin diperlukan untuk melindungi pompa. Penahan harus disambungkan ke saluran konduktor dan kembali ke sistem pertanahan listrik dengan kawat atau kabel tembaga. Dalam beberapa situasi catu daya, sistem grounding listrik biasanya dipasang ke penutup sumur.

Proses-proses di atas sangat erat kaitanya dengan mekanika fluida. Salah satu metode yang paling umum untuk mendesain suatu sistem turbomachinery adalah menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD), yaitu metode menyelesaikan persamaan-persamaan mekanika fluida bahkan reaksi kimia menggunakan komputer, sehingga diperoleh hasil yang komprehensif dan detail. >> Klik di sini untuk mempelajari selengkapnya tentang CFD!

Bagi anda mechanical engineer yang ini meningkatkan skill di bidang turbomachinery atau mechanical engineering secara umum, Kami juga menyediakan solusi yaitu training dengan topik-topik seputar mechanical engineering dengan trainer yang sudah sangat berpengalaman di bidangnya untuk meningkatkan skill dan kompetensi anda sebagai seorang engineer profesional. Untuk list training mechanical engineering >>klik di sini!

>>KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL TURBOMACHINERY LAINNYA!

>> KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA ARTIKEL PRODUKSI MINYAK DAN GAS LAINNYA!

Kontributor: Daris Arsyada

By Caesar Wiratama

aeroengineering services merupakan layanan dibawah CV. Markom dengan solusi terutama CFD/FEA.

Sumber:

https://www1.agric.gov.ab.ca/$department/deptdocs.nsf/ba3468a2a8681f69872569d60073fde1/d68085e04b3ef16887256a6100616841/$FILE/Agdex_716_(C14).pdf (diakses pada tanggal 27 Mei 2021)

https://eddypump.com/id/education/what-to-know-about-submersible-pumps/ (diakses pada tanggal 27 Mei 2021)

https://www.youtube.com/watch?v=H3XoNGtRTAg (diakses pada tanggal 27 Mei 2021)

https://www.youtube.com/watch?v=L0Q6cboXyLY (diakses pada tanggal 27 Mei 2021)

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments