Analisis dynamic advanced dan pengembangan powertrain – Scania

Komponen transmisi dari perusahaan Scania dedesain secara integrated dengan sistem powertrainya. Sistem gearbox dedesain untuk menangani range yang luas dari beban torsi produk-produknya. Pilihan-pilihan drive axle ataupun bogie memberikan kekuatan paling optimal tanpa menambah berat beban. Sistem powertrain yang teritegrasi dibuat dengan sistem modular sehingga dapat dikombinasikan dengan berbagai gearbox pada hampir semua mesin.

Tantangan

Proses desain powertrain dan gearbox secara umum hanya dilakukan secara satu dimensi tanpa mempertimbangkan detail dari interaksi yang kompleks pada tiap-tiap part, sehingga pada saat proses prototyping fisik atau lebih buruk lagi saat produk sudah diproduksi secara masal, muncul permasalahan-permasalahan akibat interaksi kompleks tersebut yang sebelumnya belum terpikirkan akan muncul.

Problematika ini membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit, bahkan dapat berdampak pada reputasi perusahaan jika kepuasan konsumen tidak terpenuhi.

Solusi

Solusi yang diambil oleh perusahaan Scania adalah bersama MSC Software menggunakan Adams multibody simulation (MBS) 3D powertrain yang secara khusus didesain untuk simulasi ini dan secara akurat mamprediksi karakteristik dinamis dari transmisi.

Sistem transmisi scania yang didesain secara virtual saat ini sudah didesain lebih dari ribuan kali dengan berbagai macam alternatif dan dievaluasi dengan virtual prototype. Simulasi memprediksi performa sistem transmisi tanpa mengorbankan bayak biaya dan waktu dibandingkan dengan prototype fisik.

Dengan Adams, Scania dapat menguji berbagai macam sistem transmisi dengan variasi ukuran serta skenario pembebananya. User interface yang sangat fleksibel dari Adams dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk mempercepat workflow.

Scania juga membandingkan hasil pengujian fisik dengan hasil simulasi yang dilakukan, yang memberikan hasil cukup dekat antara pengujian fisik dengan simulasi, sehingga memberikan keyakinan yang lebih untuk menguji setiap permodelanya.

Hasil dari Adams juga digunakan untuk mempelajari bagaimana torsi dari mesin secara iregular mempengaruhi Noise Vibration and Harshness (NVH). Iregularity dari torsi diredam oleh filter mekanik pada clutch. Simulasi dan pengukuran dilakukan untuk menentukan iregularitas pada filter mekanik untuk mengevaluasi efektivitas dari filter.

Hasil simulasi menunjukkan hasil yang dekat dengan pengujian fisik, bahkan menunjukkan adanya frekuensi tinggi yang tidak terakomodasi oleh pengujian fisik. Setelah pengujian ini dilakukan, para engineer meningkatkan metode pengujian fisik mereka untuk frekuensi tinggi tersebut.

Dengan Adams, perusahaan Scania mampu menyelesaikan permasalahan kualitas 30-40% lebih cepat menggunakan simulasi dan memiliki pemahaman yang lebih baik terhadap produk mereka.

Produk terkait

ADAMS

Dengan solusi multibody dynamics, Adams menyelesaikan solusi nonlinear dynamics dalam waktu yang sangat singkat dibandingkan dengan code FEA pada umumnya. Beban dan gaya yang diperhitungkan dari hasil simulasi Adams meningkatkan akrasi dari simulasi FEA yang dapat dilakukan selanjutnya.